Beranda Kabar Hadirkan Musisi Asal Papua, Seperti ini Meriahnya Semot UBSI

Hadirkan Musisi Asal Papua, Seperti ini Meriahnya Semot UBSI

Setiap tahun ajaran baru akademik, semua pendidikan tinggi di Indonesia menggelar acara untuk menyambut mahasiswa baru (maba). Biasanya, dalam penyambutan tersebut sering diwarnai dengan aksi perpeloncoan oleh senior. Berbeda dengan kampus lainnya, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menyambut maba dengan gelaran Orientasi Akademik (Ormik) juga Seminar Motivasi (Semot).

Menurut rektor UBSI Dr Wahyudi mengatakan, kampus UBSI sudah lama melepas perpeloncoan.

“Kuliah itu harus happy harus enjoy, jangan jadi tekanan,” katanya dalam smabutannya, di Hall A BSI Convention Center, Kaliabang, Minggu (15/09).

- Advertisement -

Ia juga melarang kaka tingkat di UBSI melakukan hal perpeloncoan.

“Mereka harusnya diberikan motivasi dan semangat untuk memulai perkuliahan awal mereka, bukan malah dikerjain,” lanjutnya.

Generasi Z lebih Suka Pekerjaan yang simple
- Advertisement -

Semot ini digelar dalam dua rangkaian acara yakni Ormik dan Semot yang digelar pada 14 hingga 15 September 2019.

Dibuka dengan penampilan dari paduan suara mahasiswa (psm) UBSI, membuat maba lebih antusias.

Pembicara yang hadir dalam semot, yakni Aan Rahman dan Youtuber dari channel ‘Garasidrift’.
Keduanya memberikan materi motivasi untuk mahasiswa baru.

tanpa perpeloncoan
Sumber : dok.UBSI

“Mahasiswa bukan lagi siswa, artinya tunjukan bahwa perilaku, pola pikir, sikap dari yang tadinya siswa menjadi mahasiswa. Tentunya beda juga pembelajarannya selama kalian jadi siswa dulu.” Ujar Aan.

Selain itu, Aan menyampaikan jangan selalu mengandalkan alasan sebagai senjata.

“Ingatlah bahwa alasan menipumu, misalkan ketika saya bermain bul tangkis dengan yang lebih mda, ketika dia kalah, dia membuat alasan bahwa banyak angin karena main diluar(outdoor). Padahal kita bermain di lapangan yang sama, buat lagi dibilang anginnya dari belakang saya, padahal setiap set kita gantian. Artinya yaa kalo kalah bilang aja kalah, tanpa harus menjadikan alasan sebagai senjatamu, yang memang itu hanya menipumu”.

Aan juga memberikan arahan kepada mahasiswa untuk menentukan masa depannya dari sekarang. “Tentukan mimpi kita sama diri sendiri bukan orang lain. Dan keputusan harus mengambil resio, akan tetapi dengan kemungkinan dan harapan yang lebih banyak”.

Jangan jadi Mahasiswa kupu-kupu

“Sekarang, generasi milenial dan gen Z, lebih memilih profesi sebagai seorang Youtuber,” kata Aan.

Sementara youtuber dari garasidrift memberi motivasi agar mahasiswa lebih aktif dalam kegiatan di kampus.

“Usia produktif harusnya diisi juga dengan kegiatan yang lebih produktif. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu,” katanya.

Mahasiswa Kupu-kupu ( kuliah-pulang kuliah-pulang) merupakan sebutan bagi mahasiswa yang tidak aktif, setelah kuliah mereka langsung pulang.

Terlebih bagi seorang mahasiswa bagi Dipo, tidak menjadi sebuah keterbatasan dalam memulai sesuatu.

“Jangan pernah meremehkan diri sendiri, keterbatasan bukan menjadi halangan. Lakukan saja,” kata Dipo saat menyampaikan pengalamannya menjadi youtuber.

Mereka berdua dihadirkan, untuk memotivasi maba ubsi agar bisa berkarya, di usia produktif mereka. Karena keduanya yang memang masih muda.

Baca Juga : Tanpa Perpeloncoan, Begini ‘ospek’nya Kampus UBSI

Semot UBSI Memuaskan Generasi Milenial

Konsep acara yang diterapkan memang berkonsep milenial, tak hayal, ucapan kagum pun terlontar dari salah satu maba.

“Konsep acaranya bagus, bikin kaget, meriah, megah juga,” katanya ditemui usai acara.

Tak hanya itu, mahasiswi asal UBSI Cikampek tersebut menyebut bahwa acara seperti ini lebih bagus dari acara ‘ospek’ yang mengarah ke perpeloncoan.

” Ngga setuju, kalo ospek sekarang ada perpeloncoan. UBSI keren,” tambahnya.

Sebelum masuk ke ruangan seminar, maba diarahkan untuk berkumpul di pelataran parkir BCC untuk membentuk koreografi Burung Garuda.

Tak hanya itu, penampilan dari musisi hiphop asal Papua, Oncho flash, dan penampilan musik dari ‘Alan Wacker’ juga memeriahkan semot UBSI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...