UKM-F Dycres FEBI UIN Gusdur Pekalongan Adakan Pelatihan Riset Dasar

Milenianews.com, Pekalongan – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Study Club Research (UKM-F Dycres) Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid (UIN Gusdur) mengadakan kegiatan Pelatihan Riset Dasar (PRD) pada tanggal 28-29 Oktober 2023.

Baca juga: HIMA SEBI Entrepreneur Community Menggelar Dauroh: Membangun Jiwa Organisatoris

Pelaksanaan PRD ini bertempat  di SMP NEGERI 1 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. PRD merupakan sebuah kegiatan pengkaderan bagi para anggota UKM-F Dycres bertujuan :

a. Untuk mempererat silaturrahmi serta memilih anggota baru yang benar-benar berkompetensi dan aktif dalam berorganisasi.

b. Untuk menjaring mahasiswa yang memiliki kompetensi dalam bidang riset.

c. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian ilmiah.

d. Menggali potensi yang dimiliki oleh mahasiswa terkait penelitian ilmiah.

PRD menjadi kegiatan rutin tahunan

PRD kali ini mengusung tema “Menciptakan Regenerasi Leadership yang Bertanggung Jawab serta Menumbuhkan Karakter Kritis dan Kreatif Melalui Riset”.

Farsya Ashila Yumna selaku ketua UKM-F Dycres mengatakan bahwa PRD ini memang rutin diadakan setiap tahunnya.

“Acara selalu ada setiap tahunnya di dycres kak, karena acara ini bentuk dari pengkaderan untuk anggota dycres,” tuturnya.

Kegiatannya dimulai dari pemaparan materi oleh narasumber Akrom Adabi, dengan materi nilai-nilai gusdur. Materi tersebut diberikan kepada 30 peserta sebagai bekal bagi para anggota untuk memantapkan jiwa penelitiannya.

Baca juga: Cyber University Akan Gelar Webinar Gratis Bagi Seluruh Mahasiswa di Indonesia

Namun sebelum pembuatan artikel para anggota harus melakukan observasi ke tempat penelitian dilanjut dengan membuat artikel ilmiah yang nantinya akan dipresentasikan untuk mendapat masukan dan saran, kemudian karya diterbitkan di blog dycres.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube MileniaNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *