Indeks

Dampak Sekolah Enuma Indonesia Bagi Pembelajaran Digital Siswa

Milenianews.com, Jakarta – Sekolah Enuma Indonesia meluncurkan riset berjudul “Penggunaan Sekolah Enuma dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Indonesia”. Penelitian ini merupakan bagian dari program Inclusive Business Solution (IBS) yang didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Lalu, tim pelaksana dari LPPSDM Bina Putera Utama menggali efektivitas penggunaan aplikasi digital terhadap peningkatan belajar PAUD dan sekolah dasar (SD).

Baca Juga : Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri Peduli Pendidikan Anak Jalanan di Kota Bogor

Salah satu pembina LPPSDM Bina Putera Utama sekaligus Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek Drs. Zulfikri Anas, M.Ed mengatakan bahwa tokoh utama di dunia pendidikan adalah anak-anak.

Dengan hadirnya Sekolah Enuma Indonesia menjadi satu ruang bagi kita untuk memberikan layanan kepada anak yang mana mereka itu belajar karena mereka senang, cinta, dan menikmati belajarnya.

“Ini adalah upaya kita dalam rangka melakukan transformasi pembelajaran yang berpihak kepada anak. Kita tahu tokoh utama di dunia pendidikan adalah anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian yayasan LPPSDM Bina Putera, secara singkat bahwa Sekolah Enuma berdampak positif terhadap kemajuan literasi dan numerasi anak,” ungkapnya secara daring, dalam Konferensi Pers Enuma Indonesia pada Kamis (16/11) di Hotel Borobudur, Jakarta.

Baca Juga : Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Berperan Aktif  Wujudkan Masyarakat Sadar Pajak

Juli Adrian, Direktur Enuma Indonesia menambahkan bahwa Sekolah Enuma percaya anak-anak berhak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan melalui berbagai macam aktivitas.

“Riset ini menegaskan komitmen kami untuk membantu perkembangan anak-anak yang diperkuat melalui pengalaman dan data dari seluruh sekolah di Indonesia. Tidak ada anak yang tertinggal, sebab fondasi literasi penting untuk membantu anak mengolah ilmu pada tingkat pendidikan selanjutnya,” tambah Juli.

Dorongan positif digitalisasi bagi orang tua serta pendidik

Juli meyakini hasil positif dari riset ini akan mendorong orang tua serta pendidik PAUD dan SD turut menggunakan aplikasi digital dalam mengembangkan keterampilan dasar anak.

“Sekolah Enuma Indonesia juga telah didesain untuk dapat digunakan secara luring dalam mengedepankan pemerataan akses yang dapat dirasakan pendidik, sehingga Enuma akan berkolaborasi secara kontinu dengan berbagai pihak dari Sabang sampai Merauke,” sambungnya.

Baca Juga : Lentera Rilis Aplikasi dengan Mengadakan Diskusi Literasi “Buku Cetak vs Buku Digital”

Country Director KOICA, Jeong Yun-Gil mengucapkan terimakasih atas upaya seluruh staf Enuma dalam menyediakan sistem pendidikan e-learning digital di Indonesia, dan berhasil mencapai lebih dari 280 sekolah dengan 16.200 murid.

Proyek ini bertujuan untuk menyediakan layanan pendidikan digital dasar berkualitas tinggi di Indonesia. Tentunya, guna meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas, berkontribusi pada peningkatan kapasitas belajar anak usia dini di Indonesia.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version