News  

Sejarah dan Ideologi ISIS

Milenianews.com – ISIS merupakan gerakan atau kelompok ekstremis muslim yang dibentuk pada 9 April 2013 di bawah pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi dengan cita-cita untuk mendirikan negara islam dan menegakkan kekhilafahan Islam di Irak dan Suriah.

Kemunculan ISIS memiliki persamaan dengan al-Qaida. Di mana al-Qaida bermula dari mujahidin pembebasan Afganistan dari pengaruh komunis serta pendudukan Rusia pada dekade 1990-an.

Baca juga: Mengapa Membuang Sisa Makanan Bisa Memperburuk Krisis Iklim? Ini Penjelasannya!

Ideologi yang dianut oleh ISIS ialah ideologi yang berasal dari Salafi Jihadi (Creti Plethi, 2015). Hal tersebut dilihat dari beberapa perang yang terjadi seperti di Damaskus dan Palestina. Pada perang tersebut tidak terdapat perbedaan antara agama dan negara.

Semua keputusan yang ada harus didasarkan pada interpretasi garis keras Syiriah (hukum islam) yang dengan tegas harus ditegakkan di seluruh daerah kekuasaan ISIS.

Penyebaran ISIS dapat ditelusuri dari berdirinya Jamaat al-Tawhid wa-I-Jihad (JTWJ) pada tahun 1999 di bawah kepemimpinan Abu Mus’ab al-Zarqawi. Dimana sejak didirikan, JTWJ berjuang di Afganistan hingga kembali ke Irak dengan melakukan perlawanan terhadap invasi Amerika Serikat pada 2003 lalu.

Tahun 2004, JTWJ bergabung dengan al-Qaida dan berubah menjadi al-Qaida Organization in the Land of the Two River atau yang disebut juga sebagai Qaida in Iraq (AQI) dan menyebar dengan menggandeng kelompok lainnya yang berafiliasi dengan al-Qaida hingga membentuk Majelis Shura al-Mujahedin di tahun 2006.

Baca juga: Terra Drone Indonesia Berikan Pelatihan Akuisisi Data Geospasial Berbasis Sensor LiDAR kepada BIG

Tentu dengan adanya ISIS di Irak dan Suriah, menyebabkan terjadinya krisis sosial dan politik dengan adanya metode kekerasan yang melanggar hak asasi manusia.

Walaupun berhasil secara operasional dan ekonomi, ISIS memiliki kesulitan mendapatkan legitimasi di mata dunia sebab adanya pelanggaran hak asasi manusia dan ketidaklakuan hukum internasional.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube MileniaNews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *