Dinas Pariwisata Sumbar Berkolaborasi Dengan Telkomsel Lewat Mobility Insight

Mobility Insight Telkomsel

Milenianews.com, JakartaTelkomsel bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pemanfaatan layanan Mobility Insight berbasis Mobile Positioning Data (MPD). Tujuan dari kerja sama itu adalah dalam menunjang akurasi data sektor pariwisata Sumatera Barat pada 2024.

Peresmian kerja sama tersebut terjadi di acara ‘Launching Calendar of Event West Sumatra 2024‘ oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Padang, Sabtu (20/1). Dalam kolaborasi ini, mereka memanfaatkan Mobility Insight, yaitu layanan Mobile Consumer Insight (MSIGHT) TelkomGroup dan dashboard PETA Sumbar yang dikembangkan bersama.

Baca juga:Hadirnya Prodi Pariwisata di Universitas BSI, Penuhi Kebutuhan Dunia Industri yang Semakin Berkembang!

Layanan Mobility Insight dari Telkomsel

Mahyeldi Ansharullah sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi dukungan dari Telkomsel. Manurutnya, yang Telkomsel lakukan merupakan komitmmen dalam pembangunan sektor kepariwisataan daerah.

“Mari kita berkolaborasi mengoptimalkan potensi pariwisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Mahyeldi dalam keterangan tertulis, Kamis (15/2).

Pada 2023, Telkomsel telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata dalam pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata. Melalui Mobility Insight, mereka dapat menganalisis asal kedatangan wisatawan, menentukan destinasi wisata favorit. Mereka juga memahami profil demografi para wisatawan secara keseluruhan.

Baca juga:Inti Jasa Kreatif (IJK), Hadirkan Layanan Kreatif dalam Dunia MICE Pariwisata

Melalui pemanfaatan aplikasi PETA, Pemerintah dan Dinas Pariwisata Sumatera Barat telah mengoptimalkan perencanaan program kepariwisataan. Akibatnya, angka kunjungan wisata mencapai hingga 11 juta pada tahun 2023. Selain itu sebanyak 137,12% lebih tinggi dari target.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube MileniaNews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *