Ketahui, 10 Binatang yang Sudah Punah

Ketahui, 10 Binatang yang Sudah Punah

Milenianews.com –  Kepunahan binatang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Sebut saja seperti perubahan iklim dan naiknya permukaan air laut. Tetapi pada zaman modern, rasanya aktivitas manusialah yang banyak menyebabkan beragam binatang punah. 

Penggundulan hutan, polusi udara, penangkapan ikan berlebihan dan tentu saja perburuan. Itu adalah salah satu dosa besar manusia atas kepunahan Binatang. Mari lihat binatang yang sudah punah dan penyebabnya.

Daftar Binatang yang Sudah Punah

10. Lumba-Lumba Baiji

foto: Lumba-lumba Baiji

Baiji White Dolphin atau Chinese River Dolphin, tempat hidup mamalia ini ada pada sungai Yangtze, China. Hewan ini bisa tumbuh mencapai 8 kaki dengan berat 250kg. hewan ini memakai ekolokasi karena hanya punya mata kecil dan penglihatan yang buruk. Penyebab kepunahannya adalah pada tahun 1950an industialisasi China sedang marak. Menyebabkan terganggunya kehidupan mamalia ini. Tidak ada satupun orang yang melihat lagi setelah tahun 2002.

9. Badak Hitam Afrika Barat

foto: Badak Hitam Afrika

Binatang yang satu ini bisa orang temukan pada bagian barat Benua Afrika. Badak ini mempunyai dua cula. Penyebab kepunahannya adalah perburuan untuk mengambil culanya yang dipercaya mempunyai kekuatan medis. Badak terakhir terlihat di daerah kamerun pada 2006, dan pada 2011 badak ini resmi punah.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Film Detektif yang Wajib Kamu Tonton Setelah Enola Holmes 2

8. Passenger Pigeon

foto: Passenger Pigeon

Burung ini sudah punah pada awal abad ke 20. Pada waktu itu ada 3 sampai 5 miliar populasi, tapi menipis seiring dengan penebangan hutan. Abad 19, burung ini jadi makanan untuk kelas bawah dan tentu saja ini menyebabkan penurunan populasi. Tahun 1914 adalah tahun terakhir orang melihat burung ini.

7. Pyrenean Ibex

foto: Pyrenean Ibex

Satu dari empat subspesies Spanish Ibex pernah ditemukan pada semenanjung Iberia. Dahulu hewan ini mempunyai 50.000 ekor tetapi pada awal 1900an angkanya terus menurun sampai ke 100 ekor. Ilmuwan juga bingung, faktor apa yang menjadi penyebab turunnya populasi hewan ini. Hewan ini punah pada tahun 2000.

Baca Juga: Jisoo Blackpink Akan Debut Solo Tahun Ini!

6. Harimau Tasmania

foto: Harimau Tasmania

Jadi salah satu hewan asli penghuni benua Australia dan Pulau Tasmania, Harimau ini adalah karnivor tingkat atas. Sebenarnya hewan ini tidak berhubungan dengan harimau, malahan lebih ke arah anjing yang mempunyai garis pada badannya. Perburuan menjadi salah satu penyebab kepunahan dari hewan endemik Australia ini. Hewan liar ini punah pada 1936.

5. Great Auk

foto: Great Auk

Burung besar yang tinggal di utara Atlantik sampai ke utara Spanyol ini adalah perenang yang handal. Sebagai perenang ia mampu untuk berburu ikan. Koloni terakhir Auk terlihat di Pulau Eldey pada tahun 1835 dan mereka semua mati. Auk terakhir mati oleh tiga orang yang percaya bahwa burung ini menjadi penyebab terjadinya badai.

Baca Juga: Drakor ‘Reborn Rich’ Ceritakan Kisah Nyata Pendiri Samsung?

4. Sapi Laut Steller

foto: Steller Sea Cow

George Steller adalah penemu hewan ini pada 1741. Sapi laut ini adalah herbivora bertubuh besar dengan pertumbuhan bisa mencapai 9 meter dan berat 10 ton. Mereka tinggal pada daerah dingin selatan Alaskan dan Laut Bering. 27 tahun setelah penemuan hewan ini, mereka sudah punah.

3. Dodo

foto: Dodo

Burung ini bertinggi 1 meter dengan berat 10-18 kg. Dodo ini tidak bisa terbang karena tersedianya banyak makanan di tanah. Burung ini jadi perburuan ketika pelaut Belanda menemukannya. Dodo terakhir terlihat pada tahun 1662.

Baca Juga : Apa itu Dana Darurat? Gimana Cara Kerjanya?

2. Mammoth

foto: Mammoth

Ilmuwan percaya bahwa hewan satu ini ada hubungannya dengan gajah pada masa sekarang. Hewan ini mempunyai tinggi 4 meter dan berat 6 ton, mereka dilapisi oleh bulu tebal. Mereka sudah punah 10.000 tahun lalu yang disebabkan oleh perburuan manusia dan perbedaan iklim.

1. Sabre-toothed Tigers.

foto: Sabre Toother Cat

Mereka hadir sekitar 55 juta tahun hingga 11.700 tahun lalu. Mereka adalah hewan karnivora yang mempunyai gigi besar dengan panjang sampai 50 cm. ilmuwan percaya kepunahan mereka karena penyusutan kawanan herbivora, iklim yang berubah dan perburuan. (Esa Ardhany)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *