News  

Hati-hati! Jalur Kereta cepat Jakarta-Bandung Sudah Punya Aliran Listrik, Jangan Terlalu Dekat! 

Kereta cepat Jakarta-Bandung
Foto : Kereta cepat Jakarta-Bandung

Milenianews.com, Jakarta – Penyaluran listrik melalui Overhead Catenary System (OCS) atau listrik aliran atas Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah dimulai. PT Kereta Api Indonesia China (KCIC) mengumumkan bahwa empat stasiun traksi KCJB, kini telah memiliki aliran listrik 27,5 KV.

General Manager Corporate Secretary Rahadian Ratry, mengatakan semua komponen, jaringan, dan sistem kelistrikan telah diperiksa sebelum dialirkan ke OCS. Kabel kontak OCS dengan total panjang 384,6 km, telah terpasang di jalur kereta api ekspres Jakarta-Bandung yang panjangnya 142,3 km.

Baca Juga : Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Beroperasi Pada Agustus 2023

“Hari ini seluruh jaringan OCS KCJB telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 KV. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat harus berhati-hati jika beraktivitas di sekitar Jalur KCJB karena dapat tersengat listrik tegangan tinggi,” ujar Rahadian dalam keterangan resmi, (19/5).

Selain itu, ia menjelaskan keempat stasiun traksi tersebut berada di Kabupaten Halim, Karawang, Walin, dan Tegalluar. Pihaknya juga telah memastikan semua pabrik yang dibangun telah memenuhi standar internasional sehingga berkualitas baik.

Aliran listrik kereta cepat Jakarta-Bandung

Mereka juga mengakui sistem kelistrikan ini memiliki masa pakai yang lama, dan menjamin keamanan yang andal. Berbagai langkah, prosedur, dan tindakan darurat pun telah mereka siapkan untuk memastikan keamanan seluruh sistem kelistrikan kereta peluru Jakarta-Bandung.

Dengan dialirkannya listrik kepada OCS, hal ini juga menandakan bahwa tahapan-tahapan awal Tes Commissioning berjalan lancar.

“Melalui OCS yang sudah teraliri listrik, maka rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) juga sudah mulai kami persiapkan karena dalam waktu dekat akan melintas di jalur KCJB untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati jalur KCJB karena sangat membahayakan diri sendiri dan kelangsungan uji komisi KCJB. Mereka melarang masyarakat melakukan aktivitas di lintasan KCJB, melempar benda asing, bermain layang-layang atau balon di lintasan KCJB, memasuki lintasan KCJB, terowongan dan jembatan, serta area terlarang lainnya.

Baca Juga : KCI Teken Kontrak Pembelian 16 Kereta Produk Lokal dari INKA

Rahadian menambahkan, KCIC juga bekerja sama dengan TNI-Polri untuk mencegah gangguan yang nantinya berpotensi mengganggu jalannya uji commissioning di KCJB.

KCIC mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak mencuri atau merusak kabel listrik, kabel kontak dan bagian struktural lainnya dari peralatan dan bangunan KCJB, yang dapat membahayakan keselamatan perjalanan kereta peluru Jakarta-Bandung.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *