Budaya  

Khansa Nafisa : Suka Puisi dan Kerap Juara Lomba

Khansa Nafisa, siswa SDIT Fajar Hidayah, Kota Wisata Bogor yang kerap kali memenangkan lomba baca puisi tingkat local maupun nasional. (Foto-foto: Sekolah Fajar Hidayah)

Kelaparan adalah burung gagak

yang licik dan hitam

Jutaan burung-burung gagak

bagai awan yang hitam

Milenianews.com, Bogor – Penggalan bait puisi berjudul Sajak Orang Lapar karya W.S. Rendra di atas merupakan puisi yang dibaca Khansa Nafisa dalam Lomba Baca Puisi Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2021 lalu.

Saat itu, di babak semifinal dan final, gadis cilik yang akrab disapa Caca ini merupakan satu-satunya peserta yang masih duduk di bangku SD. Namun, kepiawaiannya dalam membaca puisi justru berhasil mengantarkannya menjadi juara pertama, mengalahkan peserta lain yang jauh lebih dewasa (siswa SMA dan mahasiswa). Wah, keren banget, kan? Yuk kita kenalan lebih lanjut dengan Caca!

Baca juga : KB-TK Prestasi Depok Juara I Lomba Sekolah Ramah Anak

Caca merupakan pelajar kelas 5 SDIT Fajar Hidayah, Kota Wisata Bogor. Ia sering kali memenangkan lomba baca puisi, baik di tingkat lokal maupun nasional (bahkan di kategori umum). Di samping itu, siswi 9 tahun ini juga punya segudang prestasi lain yang ia kumpulkan sejak balita.

“Pertama kali ikut lomba itu saat aku masih 3 tahun. Waktu itu aku ikut lomba mewarnai, dan mendapat Juara Harapan 1,” ujar Caca.

“Setelah itu, bunda menawariku untuk ikut lomba fashion show, dan aku bersedia,” imbuh pelajar kelahiran Depok, 21 Maret 2013 ini.

Foto : Khansa Nafisa yang sedang memegang piala

Di usia yang saat itu belum genap 4 tahun, Caca mengikuti lomba fashion show pertamanya. Ia berani dan sangat percaya diri berjalan di atas panggung. Kala itu Caca berhasil mendapat Juara Favorit. Selanjutnya, hampir setiap akhir pekan, pencinta rendang dan spageti ini rutin mengikuti lomba fashion show di daerah Jabodetabek. Tidak jarang, Caca keluar sebagai juara.

Sampai akhirnya terjadi pandemi Covid-19. Saat itu banyak kegiatan yang ditiadakan, termasuk event lomba fashion show, sehingga Caca tak bisa lagi berkompetisi. Namun demikian, Caca dan orang tuanya tak kehabisan akal untuk melakukan kegiatan bermanfaat. Anak kedua dari Ayah Ismail Fahmi dan Bunda Admila ini pun mulai mengikuti lomba secara online, seperti lomba baca puisi, bercerita, pidato, dan lainnnya.

Berbagai Prestasi yang  Diraih Khansa Nafisa

Berbagai prestasi pun kembali diraih Caca, di antaranya: Juara 1 Menyanyi Lagu Nasional dan Daerah (2021), Juara 2 Lomba Bercerita Kisah Islami (2021), Juara 1 Lomba Membaca Puisi tingkat Nasional Piala Gubernur DKI Jakarta (tingkat SD & SMP) 2021, Juara Favorit 2 Lomba Pidato Majalah CiLUKBA, dan lainnya.

Di samping itu, pehobi akting, baca puisi, menyanyi, dan bercerita ini juga rutin belajar akting dan les menyanyi. “Kadang Sabtu dan Minggu suka ada perform nyanyi,” jelas Caca.

Pada November  2022 lalu, Caca kembali menorehkan prestasi. Kali ini ia mengikuti Perlombaan Baca Puisi tingkat Sekolah Dasar se-Jabodetabek yang diadakan secara offline   di SMP Islam Al-Azhar Tangerang pada Kamis,   17 November 2022. Setelah melalui tahapan audisi di hari yang sama sampai babak final, Alhamdulillah Khansa Nafisa berhasil meraih Juara pertama.

Baca juga : Sampoerna University Hadirkan Lomba Jurnalistik Bersama PWI

Oh ya, meski memiliki banyak kesibukan, Caca tak pernah melalaikan tugasnya sebagai pelajar, lho. Ia tetap rajin belajar dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan, apalagi kalau sudah besar nanti Caca bercita-cita menjadi dokter.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *