Tidak Perlu Beli iPhone 14 Untuk Mencoba Fitur Dynamic Island
Foto: Ilustrasi Dynamic Island (sumber: Uzone.id)

Milenianews.com – Sobat Milenia tahu kan, salah satu fitur unggulan iPhone 14 Pro, hole punch yang memiliki nama Dynamic Island. Fitur ini sebenarnya hanya tersedia khusus di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Eits tunggu dulu, sobat yang menggunakan Smartphone Android Xiaomi juga bisa mencicipi fitur seperti itu kok.

Beberapa hari setelah Apple meluncurkan iPhone 14, developer tema MIUI dari China berhasil meniru fitur Dynamic Island. Seorang youtuber asal India Vaidhav Jain berhasil menemukan tema yang memiliki nama ‘Grumpy UI’. Dirinya langsung membagikan potongan video tersebut di akun twitter miliknya.

ADOP

Baca Juga : iPhone 14 Pro Hadir dengan Desain Notch Dynamic Island

Fitur Dynamic Island versi android

Dari video yang terdapat dalam twitter milik Jain, fitur serupa Dynamic Island yang memiliki cara kerja yang mirip seperti aslinya. Tepat di sisi kanan kamera depan terdapat panel notifikasi berbentuk pil untuk memutar musik.

Saat kita mengkliknya, panel itu langsung membesar dan menutupi kamera depan yang mengusung desain punch hole. Tapi jika kita mendiamkannya, panel tersebut tidak akan menyatu dengan kamera depan. Berbeda dengan Dynamic Island yang terdapat di iPhone 14 Pro, terlihat menyatu secara seamless.

Jain mengatakan tema Grumpy UI saat ini masih dalam pengembangan dan hanya mendukung bahasa China. Mengutip dari Android Police, saat ini tema tersebut dalam proses review. Di samping itu, jika Xiaomi menyetujuinya, maka akan tersedia di toko aplikasi MIUI Theme.

Grumpy UI

Mengutip dari beberapa media sosial, kehadiran tema MIUI yang meniru Dynamic Island langsung memancing reaksi dari netizen. Sebagian besar netizen terkejut melihat developer Android bisa dengan cepat meniru fitur dari Apple.

“Apple membutuhkan bertahun-tahun untuk meniru fitur Android. Tapi hanya butuh satu minggu bagi OEM Android untuk meniru Apple,” tulis netizen Twitter dengan nama @sannt8.

Ponsel Android sebenarnya tidak memerlukan panel seperti Dynamic Island. Hal ini dikarenakan panel notifikasi dan kontrol yang tersedia pada ponsel Android saat ini memiliki fungsi yang lebih lengkap.

“Cepat sekali. (kecewa karena (panelnya) tidak benar-benar menutupi potongan kamera),” kata YouTuber Marques Brownlee dalam cuitan Twitternya.

Baca Juga : Apple Perlihatkan Beragam Fitur Dalam iPhone 14

Dynamic Island sendiri merupakan solusi Apple untuk mengurangi ukuran notch di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Hole punch ini tetap berisi berbagai sensor seperti kamera depan, sensor Face ID, proximity sensor dan sebagainya. Memadukannya dengan software untuk menampilkan notifikasi, panggilan telepon, serta informasi interaktif lainnya.

Bagaimana Sobat Milenia? Tertarik mencoba fitur terbaru dari iPhone ini? Kalau penasaran ingin mencoba tapi isi kantong belum bisa membeli iPhone 14, sobat bisa mencobanya dengan smartphone Xiaomi berbasis Android.(Reporter 5/Tommy)

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here