Era Metaverse dan Berbagai Bagian Penting di Dalamnya

Milenianews.com, Jakarta – Metaverse merupakan dunia baru masa depan, yang mana dunia ini menjadi era baru yang akan berjalan secara virtual. Di dunia virtual ini, manusia akan beraktivitas secara maya di dunia baru. Kehidupan nyata akan bersinggungan erat dengan dunia virtual. Era yang terkenal dengan era metaverse ini memungkinkan setiap orang beraktivitas di dunia maya dengan avatar masing-masing.

Jangkauan dunia virtual ini sangat luas mampu menghubungkan berbagai belahan dunia dalam waktu singkat. Tempat yang sulit terjangkau oleh dunia nyata akan sangat mudah dalam era metaverse ini.

ADOP

Baca Juga : Dorong Pemanfaatan Metaverse, Kominfo Dukung Penuh Akselerasi Literasi Digital CfDS UGM

Kecanggihan era metaverse ini tentu membutuhkan dukungan berbagai bidang teknologi.

Berikut beberapa bagian penting di era metaverse:

Jaringan Internet

Jangkauan dunia virtual, tentu tidak akan berfungsi tanpa adanya jaringan internet. Dibutuhkan jaringan internet yang kencang dan stabil untuk mewujudkan metaverse yang sempurna.

Jaringan internet kuat dengan sinyal yang stabil sangat dibutuhkan untuk mendukung segala aktivitas di dunia virtual ini.

Virtual Reality

Dengan virtual reality (VR), maka akan sangat memungkinkan untuk masuk ke dalam metaverse. Perangkat teknologi VR ini, jadi alat yang dapat membantu manusia bisa menjangkau metaverse dengan sempurna.

Sejumlah perusahaan seperti Oculus tengah mengembangkan VR. Saat ini, Nazare juga tengah mengoptimalkan VR dalam bentuk kacamata dengan sebutan AR Glassses. Dengan kacamata ini, maka untuk masuk ke metaverse menjadi sangat mudah.

Augmented Reality

Kecanggihan teknologi dapat membantu memasukkan dunia nyata ke dunia virtual. Dengan teknologi Augmented Reality (AR) berguna untuk mencapai tujuan ini.

Perkembangan teknologi terkini semakin membantu manusia dalam mempermudah aktivitasnya di dunia virtual. Teknologi AR ini, sudah digunakan dalam fitur filter di Instagram atau media sosial lainnya.

Artificial Intelligence

Dalam mencapai kesempurnaannya, metaverse sangat membutuhkan artificial intelligence (AI). AI dipergunakan untuk mendukung penuh tercapainya kehidupan virtual dengan sempurna.

Lewat kecerdasan buatan ini, manusia akan sangat mudah mengoperasikan dan memasuki dunia virtual. Sehingga, sangat memungkinkan sekali metaverse, juga akan sangat tergantung dengan bidang ilmu kecerdasan buatan.

Sosial Ekonomi

Tak luput dari itu semua, metaverse akan sangat membutuhkan dukungan unsur sosial dan ekonomi. Agar dapat maksimal mengoperasikan dunia virtual layaknya dunia nyata maka support sosial ekonomi sangat diperlukan.

Demi membangun kehidupan virtual, maka interaksi dan komunikasi antar individu yang berkepentingan cukup berperan.

Sebab, membangun kehidupan sosial itu, membutuhkan orang lain yang memiliki kepentingan dan kebutuhan yang sama. Begitu juga dalam hal ekonomi, teknologi cryptocurrency akan sangat mendukung kehidupan dunia virtual.

Baca Juga : Daftar Perusahaan yang Kembangkan Metaverse Sendiri

Semua bidang di atas memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung metaverse. Tentu saja, semua itu tak terlepas dari bidang ilmu pengetahuan yang mampu mendukung terciptanya sumber daya manusia (SDM) unggul yang dapat menciptakan dunia virtual.

Kecanggihan teknologi ini, akan sangat membutuhkan manusia-manusia unggul yang mampu berinovasi dan cepat dalam menangkap peluang. Sehingga bukan tidak mungkin metaverse dapat terwujud sempurna.

Dalam hal ini, tentu bidang pendidikan akan sangat berperan penting baik dalam mendukung terwujudnya teknologi maupun menjaga kehidupan sosial yang baik.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) sesuai dengan visinya menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan berinovasi berbasis teknologi informasi, akan sangat mungkinkan sekali, lulusan UNM bisa menjawab tantangan masa depan dengan sangat baik.

Bagi generasi yang ingin mewujudkan mimpinya, dapat segera bergabung di kampus UNM dengan cara mendownload pada aplikasi playstore secara gratis di playstore yakni MyNusa PMB atau dapat mengunjungi laman https://daftar.nusamandiri.ac.id/.  (Umi Faddilah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here