Cara Dapat Obat Gratis dari Kemenkes Bagi Pasien Isoman Covid-19

Milenianews.com – Pandemi kini memasuki gelombang baru melalui varian virus Omicron. Seperti kita ketahui, pemerintah menawarkan layanan telemedisin dan obat gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Layanan telemedisin yang Kementerian Kesehatan tawarkan cukup beragam. Mulai dari konsultasi, resep elektronik, dan obat yang mereka kirimkan secara gratis ke rumah pasien covid-19. Hal ini merupakan sebuah upaya untuk membantu masyarakat agar tetap mendapatkan perawatan meski isoman dari rumah.

ADOP

“Setelah minggu kedua Februari layanan ini diperluas hingga kota-kota besar Jawa-Bali. Kemenkes mulai 19 Februari 2022 juga akan memperluas layanan telemedisin ke kota-kota besar di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Layanan telemedisin terus di tingkatkan untuk membantu agar masyarakat yang isoman dapat memperoleh fasilitas pengobatan yang memadai. Sehingga mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, mengutip dari Siaran Pers Kominfo.

Baca Juga : Vaksin Merah Putih, Vaksin Covid-19 Bersertifikat Halal Pertama di Indonesia

Alur Untuk Mendapatkan Obat Gratis Pasien Covid-19 dari Kemenkes

Untuk mendapatkan layanan ini, sobat milenia dapat menghubungi Kemenkes melalui WA di nomor 081110500567. Selain itu, sobat milenia yang sedang isoman juga bisa menghubungi melalui email sertifikat@pedulilindungi.id dan call center di nomor 119 ext. 9. Nomor ini bagi mereka yang berusia di atas 18 tahun, dengan hasil tes PCR/antigen di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Adapun alur untuk mendapatkan obat gratis dari Kemenkes adalah pasien covid-19 yang OTG dan gejala ringan menghubungi hotline kemudian melakukan konsultasi. Setelah itu, pasien akan menerima resep elektronik. Kemudian resep obat akan mereka kirimkan ke rumah pasien.

Menurut laporan, 85% pasien menerima obat H+1 sejak pemesanan.

Baca Juga : Dukung Vaksin Booster Covid-19, Universitas BSI Teken MOU dengan Kecamatan dan Puskesmas Kecamatan Senen

Bagi yang belum mendapatkan balasan dari WhatsApp Kemenkes, bisa mengonfirmasi ke laman isoman.kemkes.go.id/panduan. Masukkan NIK di laman tersebut untuk lanjut ke tahap pengajuan berikutnya.

Untuk sobat milenia yang sedang isoman, tetap semangat dan jaga kesehatan yaa !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here