NFT Lebih Banyak Dibicarakan dari Kripto dan Metaverse, Apa Itu NFT?

Apa itu NFT ?

Milenianews.com – Metaverse, kripto menjadi perbincangan hangat di dunia digital. Keduanya menghadirkan pengalaman berbeda bagi para penggunanya. Namun, akhir-akhir ini muncul kepermukaan, bahkan mengalahkan pamor kripto yakni NFT (Non-Fungible Token). Setidaknya berada di posisi teratas, dalam pencarian google untuk tahun 2021.

NFT merupakan unit data unik yang tidak bisa dipertukarkan yang disimpan di blokchain, dalam buku besar digital. Dengan adanya NFT, seseorang bisa punya aset digital yang mewakili objek di dunia nyata dan bisa diperjualbelikan.

Baca Juga : BrightspotMRKT 2021 Bangkitkan Industri Ekonomi Kreatif Indonesia

Akan tetapi, NFT berbeda dengan kripto, yang mempunyai nilai yang sama. Sementara untuk NFT, satu dengan NFT lainnya, tidak akan ada yang sama.

Maka dari itu, sebuah karya seni NFT selalu unik dan dapat diautentikasi dengan teknologi blockchain, melalui sertifikat keaslian dan kepemilikan yang tidak dapat diubah.

NFT bisa membuat semua konten yang ada di internet

Selain itu, pembeli bisa melacak kembali kepemilikan dari sebuah NFT ke penciptanya tanpa perantara. Di sisi lain, pemanfaatan NFT sekarang semakin luas dan dapat masuk ke dalam berbagai aset komoditas. Sehingga membuatnya semakin fleksibel.

Sementara itu, NFT bisa memproduksi semua karya seni digital, seperti gambar, musik, GIF, item dalam game, meme dan semua konten yang bisa diunggah ke internet.

Baca Juga : Elon Musk Tawarkan Neuralink, yang Lebih Hebat dari Metaverse

Para seniman bisa mendapatkan bayaran besar, jika karya mereka menarik investor yang membeli karyanya, melalui NFT.

Misalnya seniman terkenal Mike Winkleman, dengan nama populer “Beeple” membuat gabungan 5.000 gambar hariannya untuk menciptakan NFT dan paling terkenal saat itu, “EVERYDAYS: The First 5000 Days“. Karya digital tersebut berhasil terjual sebesar USD69,3 juta.(Rifqi Firdaus)

Space Iklan Milenianews

Respon (11)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *