Cara Chat ke Dosen, yang Sopan dan Sesuai Tata Krama

Cara chat ke dosen dengan sopan

Milenianews.com – Memasuki dunia perkuliahan, menjadi mahasiswa baru menjadi titel yang dibanggakan para pelajar. Perubahan tersebut, juga berlaku pada semua aspek. Mulai dari kebiasaan, perilaku, pola pikir, dan sistem belajar pun berbeda.

Mahasiswa, tak hanya bisa mengandalkan inisiatif dari dosen saja di dunia kuliah. Jadi, mahasiswa harus lebih sigap untuk bertanya terkait perkuliahan maupun tugas yang diberikan. Dalam menghubungi dosen, ada etika atau tata krama yang sebaiknya Sobat patuhi.

Baca Juga : Edukasi Dosen Dalam Strategi Penulisan & Publikasi Internasional Bereputasi

Sebetulnya sederhana, namun sangat penting untuk menerapkannya. Menghubungi dosen, meski dekat, jangan disamakan saat menghubungi teman atau kerabat.

Bagi Sobat milenia, berikut Milenianews rangkumkan, cara chat ke dosen dengan sopan :

1. Perhatikan waktu

Foto : Ilustrasi waktu (sumber: Google)

Jangan menghubungi dosen kamu, seenaknya. Terlebih di jam-jam istirahat/beribadah atau pada malam hari, lebih dari pukul 20.00. Harus perhatikan waktu yang tepat untuk menghubungi dosen.

2. Jangan pakai singkatan, pakailah gaya bahasa yang baik dan benar

Etika chat ke dosen, harus menggunakan bahasa yang sesuai, formal dan tidak dengan singkatan. Hindarilah penulisan seperti ok, y, sy, bgt, hrs, adlh, dll, dsb.

3. Awali dengan salam

Biasakan mengawali percakapan dengan salam. Apalagi saat akan chat ke dosen. Jangan menuliskan salam dengan singkatan, misalnya: Ass wr wb. Tulis saja Assalamualaikum Wr Wb.

4. Jangan lupa perkenalkan diri

Kenapa perlu perkenalan dulu? Karena dosen kamu pasti tidak tahu siapa kamu, dan banyak juga mahasiswa yang ngechat untuk menanyakan seputar perkuliahan.

Jangan lupa untuk menuliskan identitas, saat akan memulai komunikasi, atau menghubungi dosen.

5. Tuliskan keperluan dengan lengkap dan tidak bertele-tele

Saat chat dosen, jangan bertele-tele dan banyak basa basi. Lebih baik tuliskan keperluannya secara langsung dan lengkap. Akan tetapi, hindari kesan menuntut dalam pesan tersebut.

6. Jangan lupa ucapkan terima kasih

Di akhir pesan, jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih. Hal ini penting, karena kata terima kasih sebagai wujud sopan santun kita, terhadap orang yang kita hormati, sebelum mereka melakukan apa yang kita minta.

7. Atur foto profil sendiri

Foto : Ilustrasi foto profil WA. (Sumber Dreamstime)

Gunakan foto profil sendiri, bukan foto anime, k-pop, artis, atau gambar hewan kesukaan. Alangkah baiknya, menggunakan foto sendiri.

Baca Juga : Sistematika Penulisan Proposal Skripsi, Mudah dan Lancar

Nah, bagi sobat Milenia, yang sudah jadi maba (mahasiswa baru), jangan lupa untuk terapin ini ya, saat akan chat dosen kalian.(Rifqi Firdaus)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Space Iklan Milenianews

Respon (14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *