Beranda Lifestyle Tips Menciptakan Ruangan Multifungsi

Tips Menciptakan Ruangan Multifungsi

Milenianews.com – Arsitek sekaligus pendiri Studio Arsitertropis Ren Katili membagikan sejumlah tips dan kiat untuk menciptakan ruangan di rumah menjadi lebih multifungsi. Untuk sobat milenia yang sedang mencari referensi terkait desain ruangan minimalis dan multifungsi, Ren akan berbagi kiat Ciptakan Ruangan Multifungsi.

Menurut Ren Katili, saat ini, terutama ketika pandemi, setiap sudut ruang rumah yang multifungsi akan sangat orang butuhkan. Mengingat selama pandemi ini kita mendapat himbauan agar tetap di rumah saja. Sehingga ruangan harus tetap mendukung aktivitas dari tiap anggota keluarga selama di rumah saja.

“Ruang multifungsi yang tentram dan nyaman perlu ada dukungan produk yang tepat juga, karena secara otomatis akan memberikan ketenangan hati para ibu,” kata Ren dalam keterangannya mengutip dari Antara, Minggu(26/9).

- Advertisement -

Baca Juga : Green Talk Summit 2021: Ajak Anak Muda Berkontribusi Dalam Pengelolaan Sampah

Selain itu, Ren juga mengungkapkan jika ruang multifungsi juga bisa menjadi ruang bermain anak agar mereka tetap bisa berkreasi di masa pandemi. Di masa-masa ketika mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

- Advertisement -

Berikut lima langkah untuk menciptakan ruang multifungsi di rumah yang nyaman:

1. Ruangan Mengalir

Ini adalah kunci utama agar ruang bisa berfungsi optimal dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Oleh karena itu, dari awal kita sudah harus menentukan terlebih dahulu, ruangan ini mau berfungsi untuk apa saja yang mungkin bisa seragam. Tujuannya agar mudah meletakkan perabotan dengan tepat dalam ruang tersebut. Jika konsep bertabrakan maka barang dan perabotan malah semakin banyak dan tidak optimal.

Baca Juga : Tips & Trik Buat Konten Desain Dengan Canva

2. Perabotan Multifungsi

Selain ruangan, kita juga bisa memilih perabotan furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu. Terutama yang mudah dipindahkan atau digeser. Sehingga nantinya tidak menghabiskan tempat. Serta seperti pada poin pertama, semakin sedikit perabotan ruangan semakin luas. Selain itu, kita bisa hemat budget dengan tidak membeli banyak barang.

3. Pencahayaan dan Sirkulasi Udara Alami 

Menurut Ren, salah satu bagian penting lainnya adalah sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Dalam menciptakan ruang multifungsi, pencahayaan dan sirkulasi udara alami lebih baik.

Pastikan pencahayaan dan pengudaraan alami yang cukup dalam ruang tersebut. Hal ini baik bagi kesehatan pengguna ruangan mengingat durasi penggunaan dalam ruang multifungsi ini bisa jadi lebih lama daripada ruang-ruang lain.

Baca Juga : Sejarah Penggunaan Sandal dalam Ruangan di Jepang

4. Perawatan Mudah

Untuk menciptakan ruangan multifungsi juga harus memperhatikan aspek perawatannya. Penggunaan material dan perabotan yang pas bisa membuat perawatan lebih mudah. Salah satu contohnya adalah pemilihan material penutup lantai dan dinding untuk ruang multifungsi ruang belajar dan bermain anak. Mengingat kegiatan anak yang cukup beragam di ruang multifungsi menjadikan penggunaan 2 material ini tepat. Karena mempermudah perawatan dinding dan lantai. 

5. Warna dalam ruangan

Warna sangat berpengaruh pada tampilan suatu ruangan. Selain agar lebih bagus, ini juga bisa memberikan rasa nyaman ketika warna ruangan cocok fungsi ruangannya. Sobat milenia mungkin bisa memilih warna-warna natural. Atau bahkan sobat bisa kombinasikan warna tersebut menjadi dua atau tiga warna dalam satu ruangan. Ini memang sesuai selera, namun jika warnanya senada dengan fungsinya akan lebih bagus.

25 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

3 Profesi Tren Untuk Lulusan Jurusan Teknik Industri

Milenianews.com - Jika kamu ingin memiliki kemampuan yang serba bisa, jurusan teknik industri bisa jadi pilihan yang tepat saat kuliah. Mengingat, teknik industri merupakan salah...

Pengabdian Masyarakat : Pentingnya Pengelolaan Website, Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi

Milenianews.com, Tangerang - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu visi dari Tri Dharma perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikan ilmu para akademisi khususnya dosen....

Skystar Ventures UMN Gelar Demo Day, Ajak Mahasiswa UMN Memperkenalkan Ide Bisnis

Milenianews.com, Jakarta - Inkubator bisnis Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Kompas Gramedia Group, Skystar Ventures UMN, menyelenggarakan Demo Day virtual. Gelaran ini diikuti...

Rahasia Wanita di Lembah Hunza yang Cantik dan Panjang Umur

Milenianews.com - Lembah Hunza, sebuah daerah lembah bergunung di Utara Pakistan. Para wanita di Lembah Hunza, terkenal dengan paras yang cantik dan awet muda. ...