6 Jurusan Kuliah Terbaik Bagi Seorang yang Introvert

Jurusan kuliah untuk Introvert

Milenianews.comIntrovert merupakan tipikal orang yang senang sekali menghabiskan waktu untuk menyendiri. Ia juga sering sekedar hanya berbincang dengan satu/dua teman yang memang sudah merasa dekat. Lantas, ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk introvert.

Seorang introvert sering membutuhkan waktu untuk menyendiri demi memulihkan energi setelah berada dalam lingkungan sosial yang cukup lumayan ramai.

Baca Juga : 7 Kampus Murah dan Berkualitas di Depok

Oleh karenanya, bagi kalian yang memiliki kepribadian introvert jangan sampai salah dalam memilih jurusan kuliah. Karena itu sangat penting untuk menentukan masa depannya nanti. Nah, maka dari itu yuk, disimak baik-baik Jurusan Kuliah mana yang cocok bagi introvert.

Berikut 6 jurusan kuliah terbaik bagi seorang Introvert :

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan kuliah bagi Introvert terbaik pertama yakni, Akuntansi. Program Sutdi (prodi) ini ialah jurusan yang mendalami masalah perhitungan pada sebuah perusahaan. Selain itu, pada jurusan ini, Sobat akan belajar dalam mengelola keuangan dengan benar.

Maka dari itu, butuh seseorang yang sangat teliti dalam mengelola keuangan perusahaan. Salah satu ciri yang ada pada kepribadian Introvert yakni, teliti.

Dengan begitu, bagi kalian sobat sekolah yang memiliki kepribadian Introvert sangat dianjurkan untuk dapat bergabung ke Jurusan Akuntansi.

Mau tau Jurusan Akuntansi pada tiga Kampus mana saja yang terbaik versi Sobat Sekolah?

Yup, yang pertama yakni Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia, lalu disusul dengan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan terakhir yakni Universitas Dr. Soetomo.

Tiga kampus tersebut sama-sama sudah terakreditasi BAN-PT. Dengan demikian, tiga kampus ini sudah menjadi kampus yang baik untuk menjadi pilihan Sobat milenia, khususnya yang memiliki sifat Introvert.

Prospek karier pada jurusan akuntansi pun tak hanya sebagai seorang Akuntan atau pegawai Bank saja. Banyak, prospek kerja dalam Jurusan Akuntansi. Antara lain, Makelar Saham, Bagian Personalia, Konsultan Pajak, Auditor hingga menjadi Dosen.

2. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan kuliah bagi Introvert terbaik kedua yaitu Jurusan Sistem Informasi. Di jurusan ini mempelajari gabungan ilmu komputer dengan perilaku bisnis. Tak ayal, jurusan tersebut sangat cocok bagi para Introvert.

Karena, pada jurusan ini sobat sering sekali berkutat dengan laptop demi menyelesaikan suatu tugas kuliah. Dan, pasalnya sifat dari seorang Introvert senang sekali menyendiri. Oleh karenanya, jurusan ini sangatlah cocok untuk kalian para Introvert.

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi ada di beberapa kampus terbaik yang ada di Indonesia. Salah satunya yakni, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

Saat ini prodi SI Universitas BSI sudah terakreditasi BAN-PT. Kalian akan belajar mengenai pemrograman (programming), teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software).

Kemudian kampus lain yang membuka jurusan Sistem Informasi yaitu Universitas Nusa Mandiri yang juga sudah terakreditasi BAN-PT.

Prospek kerja pada Prodi ini pun tak kalah menarik dari prodi yang lainnya. Yakni, kalian bisa sebagai seorang praktisi IT sekaligus Software Engineer.

Selain itu, kalian juga bisa menjadi Network Engineer, Database Engineer, dan Games Engineer. Nah, kalian nih yang bercita-cita membuat software silakan masuk pada prodi ini.

3. Jurusan Sistem Informasi Akuntansi

Jurusan kuliah bagi introvert ke tiga ialah Sistem Informasi Akuntansi. Pada Jurusan ini kalian akan belajar tentang sistem untuk mengumpulkan, menyimpan, maupun mengolah data-data yang berkaitan dengan akuntansi atau keuangan dengan berbasis sistem.

Maka dari itu, jurusan ini menggabungkan dua buah bidang ilmu yaitu Sistem Informasi dan Akuntansi.

Prodi ini cocok sekali dengan anak introvert. Pasalnya, selain memang harus memiliki ketelitian dalam mengelola keuangan pada jurusan ini juga harus memiliki pikiran yang lebih aktif.

Karena pada jurusan Sistem Informasi Akuntansi, tak hanya diminta untuk mengelola keuangan saja, namun, harus bisa membuat sistem dengan menggabungkan ilmu akuntansi.

Ada beberapa kampus terbaik yang membuka jurusan Sistem Informasi Akuntansi diantaranya Universitas BSI, STMIK AKAKOM, dan STMIK Primakara. Dari tiga kampus tersebut saat ini sudah terakreditasi BAN-PT.

Prospek kerja yang pada prodi ini juga sangat terbuka antara lain Accounting Analyst, Accounting Software Implementor, Programmer, Entry Data Manager. Nah bagi kalian nih yang memiliki sifat Introvert, punya skill di Accounting dan sangat suka dalam bidang Ilmu Komputer, tidak ada salahnya dalam memilih jurusan ini.

4. Jurusan Ilmu Komputer

Jurusan kuliah bagi Introvert ke empat yakni Jurusan Ilmu Komputer. Pada jurusan ini sobat akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

Jadi, pada dasarnya sobat akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya. Di jurusan ini, ide-ide kreatif Sobat bisa diwujudkan apalagi di dunia informasi digital yang semakin tak terbatas ini.

Tiga kampus terbaik yang menyediakan jurusan ilmu komputer yakni Universitas BSI, Universitas Tama Jagakarsa, dan Universitas Respati Indonesia. Tiga kampus terbaik tadi telah terakreditasi Baik di BAN-PT.

Untuk prospek kerja pada jurusan Ilmu Komputer beraneka ragam diantaranya yaitu Perancangan Web, Insinyur Aplikasi, Game Creator, Game Programmer, Konsultan IT, Data Scient, Programmer, serta Dosen.

5. Jurusan Sains Data

Kemudian, jurusan kuliah bagi Introvert ke lima yakni Jurusan Sains Data. Jurusan ini merupakan sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana proses dalam pemanfaatan big data.

Jurusan ini cocok buat kalian yang ingin mendalami bagaimana big data dimanfaatkan dalam proses bisnis.

Ada beberapa tempat kuliah bagi yang menjadi kampus terbaik salah satunya Universitas Nusa Mandiri. Di sini kalian akan belajar tentang teknik analisis dan simulasi dengan ilmu statistika untuk menangani big data. Selain itu, kalian juga akan mempelajari semua jenis hasil data dari proses bisnis yang nantinya dianalisis dan menghasilkan peluang baru.

Sedangkan, Prospek kerjanya pun sangat menarik antara lain yaitu bisa menjadi Data Analyst atau menjadi Data Scientist. Selain itu, kalian juga bisa menjadi Bussines Analyst, Data engineer dan lain-lain.

6. Jurusan Bisnis Digital

Dan jurusan terbaik bagi introvert terakhir ialah Jurusan Bisnis Digital. Jurusan Bisnis Digital merupakan rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan bagaimana proses merancang suatu bisnis digital.

Jurusan ini juga sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Pada Jurusan Bisnis Digital, kalian akan belajar mengenai ilmu e-commerce, pengembangan web, user experience, pemrograman, dan keamanan siber.

Selain itu, Jika kalian tertarik dengan dunia media sosial, terkhusus kalian para introvert yang senang sekali berkutat di dunia maya daripada di dunia nyata. Jurusan ini, sangat cocok sekali untuk kalian.

Baca Juga : 10 Kampus/Universitas Swasta Terbaik Bagi Milenial yang Ingin jadi Sarjana

Adapun kampus yang menyediakan jurusan Bisnis Digital yaitu Universitas Nusa Mandiri. Kampus ini membuka jurusan baru tersebut di awal semester tahun 2021. Nah, bagi kalian yang tertarik dengan jurusan ini silakan bergabung di Universitas Nusa Mandiri.

Untuk prospek kerjanya pun tak kalah menarik, dari kelima jurusan di atas, kalian bisa bekerja di berbagai macam industri, mulai dari perbankan dan keuangan, konsultan bisnis, analis data, analis sistem, bekerja di salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia.(Eka Herdit)

Respon (14)

  1. Pingin yang ga perlu mikir bisa sambil rebahan dan santai santai, kira kira jurusan apa ya? Apalagi kuliahnya daring kaya sekarang. Mantap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *