Beranda News Pembelajaran Tatap Muka Kembali Buka Juli 2021

Pembelajaran Tatap Muka Kembali Buka Juli 2021

Milenianews.com, Jakarta – Kemendikbud RI memberikan pengumuman melalui siaran langsung tentang “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”. Siaran langsung pengumuman ini berlangsung secara daring melalui YouTube Kemendikbud RI pada Selasa (30/3) dan menyebutkan jika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan kembali dibuka Juli 2021 mendatang.

Dalam siaran ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, mengatakan bahwa pendidikan tatap muka harus segera mulai setelah semua guru maupun tenaga pendidik mendapat vaksinasi Covid-19 tanpa harus menunggu tahun ajaran baru. Sekolah bisa kembali menerapkan metode pembelajaran tatap muka, namun harus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita mewajibkan bila guru dan tenaga kependidikan di setiap sekolah sudah melakukan vaksinasi Covid-19, maka harus membuka pembelajaran tatap muka di sekolah,” kata Nadiem secara daring di YouTube KEMENDIKBUD RI, Selasa (30/03).

Sumber : YouTube Kemendikbud RI

Baca Juga : Mas Menteri Resmi punya Akun Instagram, Langsung Dibanjiri Komentar tentang PJJ

Meskipun sudah bisa tatap muka, kegiatan belajar-mengajar tetap terbatas. Sehingga kapasitas ruang kelas maksimal 50% dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Artinya akan ada sistem rotasi dan sistem PJJ masih akan ada.

Pandemi Covid-19 membawa pengaruh yang sangat besar terhadap pelaksanaan pendidikan. Untuk mencegah penyebaran virus di kalangan pelajar, pendidik, dan tenaga kependidikan maka sekolah harus tutup.

Untuk memenuhi hak pendidikan, maka berlaku pelaksanaan PJJ secara daring, sebagai salah satu solusi. Hal ini bisa membantu memastikan proses belajar mengajar tetap berlangsung namun berdampak pada proses tumbuh kembang pelajar.

Baca Juga : Nadiem Makarim: Risiko PJJ sangat Berbahaya

Oleh karena itu, satuan pendidikan di semua jenjang perlu segera membuka kembali layanan tatap muka. Rencananya pemerintah akan membuka lagi sistem belajar mengajar secara tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

Menurut sobat milenia Bagaimana? Apakah perlu ada pembelajaran tatap muka? Apakah cukup dengan PJJ secara daring? (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...