Sistem Informasi Punya 5 Prospek Karir Gemilang

sistem informasi

Sistem Informasi jadi jurusan yang popular. Seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Banyaknya mahasiswa berbondong-bondong mengambil jurusan ini. Karena prospek kerja di bidang sistem informasi sangat gemilang. 

Menurut Sukmawati Anggraeni Putri, Kaprodi Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Mandiri, lulusan Sistem Informasi mampu jadi web developer, system analyst, database administrator, network administrator dan application developer.

Baca juga: Dear Milenial, Ini Keunggulan dan Prospek Karir Prodi Teknik Informatika

Berikut Lima prospek karir gemilang:

Web Developer
Merancang dan mengembangkan website jadi tugas utama web developer. Karir web developer banyak dibutuhkan perusahaan berskala besar. Tak ayal freelancer web developer yang lebih focus pada clientnya saja. Umumnya web developer dibagi menjadi tiga bagian, yakni frontend, backend dan fullstack developer.

“Lulusan SI Universitas Nusa Mandiri banyak yang telah sukses jadi web developer bahkan mendirikan startup. Memiliki mata kuliah unggulan web programming membuat lulusan sistem informasi layak jadi seorang programmer web developer,” ujar Sukma.

System Analyst
Pekerjaan IT sedang naik daun saat ini, system analyst. Prospek kerja ini bersinggungan erat dengan developer dan programmer. System analyst bertugas melakukan analisa, merancang, dan mengimplementasikan suatu sistem.

“System Analyst harus memiliki ilmu IT dasar seperti paham Bahasa pemrograman, database, cara kerja server, HTML atau CSS dan lainnya. Semua ilmu itu dipelajari oleh jurusan sistem informasi pada masa kuliah,” jelasnya.

Database Administrator (DBA)
Prospek karir menjanjikan lainnya yakni database administrator (DBA). DBA bertugas untuk mengelola basis data perusahaan, admin DBA ini harus dapat menyesuaikan kapasitas database yang tepat untuk kebutuhan perusahaan. Selain itu, seorang DBA juga harus dapat merancang sistem keamanan yang mampu melindungi database dari serangan hacker.

Application Developer
Tak dipungkiri perkembangan smartphone melaju pesat, hal ini menjadi cikal bakal lahirnya aplikasi yang memudahkan kehidupan. Peranan application developer semakin meningkat untuk membuat dan mendesain aplikasi baru.

“Application developer memiliki spesialisnya sendiri, seperti mobile app developer yang berfokus pada pembuatan aplikasi perangkat mobile. Selanjutnya ada android developer dan ios developer yang berfokus pada pengembangan aplikasi android dan ios,” jelas Sukma.

Network Administrator

Bertanggung jawab melakukan konfigurasi dan monitoring jaringan merupakan tugas utama seorang network administrator. Prospek kerja ini terbilang banyak peminatnya di Indonesia.

“Untuk dapat menjadi seorang network administrator harus punya ilmu dasar network monitoring, network programing, atau administrasi jaringan computer. Selain itu memiliki sertifikasi yang sesuai dengan bidang ini jadi point utama,” imbuhnya.

Baca juga: Intip, Peluang Karir Prodi Administrasi Bisnis UBSI

Kampus Universitas Nusa Mandiri berkomitmen menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompeten bidang SI sehingga mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

“Lulusan Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri telah punya sertifikat kompetensi seperti sertfifikasi analis program ataupun network administrator. Sehingga lulusan Universitas Nusa Mandiri mampu memenuhi kebutuhan dunia industry dan bersaing global, Prodi Sistem Informasi juga telah berakreditasi dengan peringkat B (Baik Sekali), hal ini akan semakin menambah nilai kualitas dari setiap lulusan,” tutup Sukma. (Lady Agustin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *