Beranda Lifestyle Budaya Ohitorisama, Budaya Single di Jepang

Ohitorisama, Budaya Single di Jepang

Milenianews.com – Ohitorisama merupakan sebuah kebiasaan atau budaya baru orang jepang, dimana banyak orang Jepang yang lebih memilih aktivitas solo untuk menjalani hidupnya. Sebenarnya, sebelum budaya ohitorisama menjadi sebuah tren masyarakat Jepang, 1 dekade sebelumnya, orang Jepang cenderung tidak ingin hidup sendirian.

Dikutip dari BBC, sekitar 10 tahun ke belakang, masih banyak orang Jepang yang malu ketika terlihat makan sendirian. Pergi ke kantin sekolah atau kantor sendirian membuat mereka yang “tak punya teman” malu. Mereka lebih memilih untuk makan pada sebuah bilik kamar mandi. Fenomena ini benar-benar terjadi, sebutannya, “benjo meshi” alias “makan siang di toilet.”  

Namun, tahukah sobat milenia, lambat laun mulai banyak orang Jepang yang meninggalkan budaya tersebut. Sehingga ada tren ohitorisama ini. Bahkan, tersedia tempat-tempat khusus untuk orang yang ingin sendirian pun mulai menjamur.

- Advertisement -

“Beberapa orang ingin menikmati waktunya sendirian, sedangkan sebagian orang lagi ingin terlibat dalam sebuah komunitas baru,” ujar Miki Tateishi. Seorang bartender Bar Hitori, sebuah bar khusus bagi para solo drinker.

Baca Juga : 4 Hal yang Bisa Memikat Hati Cewek Jepang

- Advertisement -

Selain bar, bisnis terkait budaya ohitorisama ini sudah semakin banyak berkembang. Mulai dari restoran, bioskop, perkemahan, karaoke 1kara (karaoke solo). Atau bahkan sarana transportasi yang menyiratkan bahwa itu adalah sebuah aktivitas single.

Terlepas dari itu semua, para analis mengatakan bahwa budaya ini wajar bagi Jepang. Bussiness Times melaporkan, para analis mengungkapkan bahwa demografi Jepang yang rata-rata anggota keluarganya yang hanya satu orang saja, membuat Jepang sangat sempurna untuk menjadi pusat pengembangan “solo market”. Karena banyak orang yang ingin “me time” ketika berada pada kehidupan dan kultur kerja yang gila kerja dan serba cepat.

Saat ini orang yang berbudaya ohitorisama tidak lagi merasa malu seperti satu dekade lalu. Dengan situasi ohitorisama yang terus berkembang ini, banyak ilmuwan yang memprediksi bahwa penganut budaya ohitorisama akan terus bertambah hingga tahun 2030 mendatang. (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

6 Situs Tes CPNS Online 2021 Gratis

Milenianews.com, Jakarta - Tes CPNS 2021 gratis bisa Sobat ikuti sebelum mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021. Pendaftaran CPNS 2021, dari kabar beredar, akan buka...

SMK Bebas Biaya Bangunan dan SPP? Memangnya ada??

Milenianews.com - Jawabannya tentu ada. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cikra 1 Jakarta membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2021/2022 yang bebas biaya bangunan...

Bupati Mukomuko Minta Blokir Game Online ke Menkominfo

Milenianews.com, Bengkulu - Game online menjadi trend di kalangan anak-anak, yang bisa berdampak negatif jika tidak ada kontrol dari orang dewasa. Guna meminimalisir hal...

Mengejutkan, Ronaldo Sudah Dapat Tawaran dari Barcelona?

Milenianews.com, Jakarta - Masa depan Cristiano Ronaldo di Juventus masih belum jelas. Klub asal Ibu kota ini, tak sanggup lagi membayar gaji sang pemain....