Ikan cupang termahal aduan hias

Milenianews.com, Jakarta – Ikan cupang merupakan jenis ikan hias air tawar yang punya banyak penggemar. Biasanya orang-orang membeli ikan cupang untuk mempercantik akuarium atau sebagai koleksi. Selain itu, ikan cupang akan sangat menguntungkan untuk jual beli. Bahkan ada ikan cupang termahal.

Pemilik nama latin Betta SP ini, mudah tersedia dikawasan Asia Tenggara yang menjadi habitatnya. Terutama wilayah Indonesia, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

ADOP

Baca Juga : Tak Kalah dari Paris, Semarang Punya Menara Eiffel Bambu di Tengah Sawah

Jenisnya pun beragam, mulai dari yang paling mainstream dan yang paling langka. Dari kalangan penggemar ikan cupang, jenisnya terbagi menjadi tiga yakni aduan, hias, dan liar.

Nah, dari ketiganya ini bisa menjadi pilihan untuk budidaya, yang tentunya punya harga yang fantastis. Berikut 7 jenis ikan cupang termahal:

1.Ikan Cupang Aduan

Foto : Ikan cupang aduan.

Mungkin ikan cupang aduan tidak terlalu mahal, namun jenis ini paling banyak penggemarnya. Jadi jika budidaya ikan cupang aduan, tetap akan menguntungkan bagi sobat milenia. Harganya sendiri mencapai Rp.150 ribu per ekor.

Tubuh ramping, warna mencolok, sirip gagah dan lebar membuat mereka terlihat sangat.

2. Ikan cupang slayer

Foto : Ikan cupang slayer.

Jenis ini merupakan hasil persilangan antara jenis Serit dan Halfmoon. Makanya, tampilannya pun terlihat sangat unik. Siripnya yang lebar namun badannya ramping terlihat begitu menawan.

Harga pasaran jenis Slayer ini berkisar Rp.250 – 300 ribu, terutama mereka yang memiliki warna terang seperti oranye, merah, atau biru metalik.

3. Ikan cupang halfmoon

Foto : Ikan Cupang Halfmoon.

Ikan cupang Halfmoon atau dalam bahas Indonesia artinya bulan setengah punya ekor indah seperti halfmoon. Warna tubuhnya juga jauh lebih terang dari jenis lainnya.

Selain itu, sejak ada ke Indonesia 10 tahun lalu, pamor halfmoon tidak pernah turun. Cupang halfmoon termasuk jenis aduan, tetapi akan lebih baik sebagai ikan hias untuk menjaga kecantikan sirip dan warnanya.

Harganya sendiri mencapai Rp.500 ribu per ekornya.

4. Ikan cupang double tail

Foto : Ikan cupang double tail.

Double Tail punya ciri yang paling menonjol yaitu ekornya yang terbelah dua. Kedua ekornya ini, bisa berbeda warna dan menghasilkan gradasi yang lebih indah. Harganya pun cukup menggiurkan untuk budidaya.

Harganya mencapau Rp.500 ribu per ekornya. Tapi, memelihara Double Tail haruslah apik. Pasalnya jenis ini rawan jamur dan kematian dini.

5. Ikan cupang plakat

Foto : Ikan cupang plakat.

Jenis ini merupakan jenis cupang aduan yang masuk jenis ikan hias. Plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand yang aritnya “Tarung”.

Harganya sendiri cukup tinggi karena termasuk jenis yang langka juga. Warna tubuh plakat sangat terang dan tidak akan pudar saat bertarung.

Baca Juga : Mengapa Generasi Milenial Pilih Sepeda?

Pergerakan ikan cupang plakat sangat agresif. Jenisnya merupakan perenang handal yang bisa melindunginya dengan melebarkan sirip depan untuk menakuti lawan.

6. Ikan cupang fancy

Foto : Ikan cupang fancy.

Jenis ini pernah terjual sampai harga Rp.1,8 juta. Jenis ini memang sudah mahal dari lahir. Anakannya saja bisa mencapai Rp.100 sampai Rp.200 ribuan satu ekornya.

Salah satu yang membuat mahal adalah warna 3 dimensinya. Kombinasi warna pada tubuh dan sirip ikan cupang fancy terlihat seperti bergerak ketika berenang, membedakannya dari jenis ikan cupang lainnya.

7. Ikan cupang worachai

Foto : Ikan cupang worachai.

Ikan cupang termahal adalah Kachen Worachai. Satu ekor ikan dewasa bernilai Rp.20 juta rupiah. Worachai punya warna unik yang terlihat seperti bendera Thailand.

Nama Kachen Worachai diambil dari nama asli pemiliknya yang berasal dari Thailand.(Rifqi Firdaus)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here