Android 11 Beta Dirilis dengan 3 Fokus Utama

()

Milenianews.com – Google akhirnya meluncurkan Android 11 Beta setelah sebelumnya, sempat dengan sengaja membatalkan peluncuran tersebut, menyusul isu rasial yang belakangan ini meramaikan dunia. Nah, pada versi Android 11 Beta, Google menyebut ada tiga fokus utama, yakni People, Control dan Privacy.

1. People

Fokus Pertama adalah People, Google tampaknya ingin agar Android dapat lebih ekspresif dan efektif, terutama dalam urusan komunikasi. Hal ini dimulai dari bagian khusus di atas panel notifikasi yang bernama Conversation. 

Pintasan ini disebut Bubble dan merupakan salah satu perubahan terbesar di Android 11. Bubble dapat dipindahkan ke mana saja dan akan melayang di semua aplikasi. Dengan mengetuknya, pengguna akan langsung diarahkan ke chat room dengan orang tersebut.

Fitur lainnya adalah Voice Access. Ini merupakan dukungan bagi pengguna yang sepenuhnya mengakses smartphone menggunakan suara. Voice Access di Android 11 menghadirkan dukungan untuk pemahaman konten dan konteks di layar, menghasilkan label dan mengakses perintah aksesibilitas.

Baca Juga : Beberapa Fitur Menarik Akan Hadir di Android 11

2. Control

Fokus kedua adalah Control. Sesuai dengan namanya, Google mencoba menghadirkan kontrol yang lebih mudah untuk seluruh perangkat smart home dan bluetooth pengguna. Device Control dapat muncul dengan menekan dan tahan tombol power. Dengan begini, sobat milenia dapat mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone dengan mudah. Setidaknya saat ini, Google Home sudah mendukung API ini.

Sementara itu, Media Control memungkinkan pengguna untuk memindahkan output headphone, speaker atau TV dengan cepat. Kontrol Now Playing sudah terdapat di Quick Settings. Fitur ini sudah mulai tersedia di Beta 1. Caranya adalah dengan mengakses Developers Option >> Media resumption.

Baca Juga : Beberapa Pengguna Android 10 Keluhkan Masalah Freezing

3. Privacy

Fokus ketiga adalah Privacy, seperti dilansir dari 9to5google (16/6), pengguna dapat membatasi izin akses aplikasi ke mikrofon, kamera dan lokasi. Tidak hanya itu, semua izin akan dimulai ulang ketika pengguna tidak menggunakan aplikasi tertentu dalam waktu tertentu.

Untuk sobat milenia yang memiliki Smartphone Google sudah bisa mencoba Android 11 Beta. Karena saat ini, Android 11 Beta baru tersedia untuk perangkat Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Akan tetapi jika sobat masih ragu dan tidak ingin mendapatkan beberapa bug yang mungkin muncul, disarankan untuk tidak mencobanya dulu sebelum versi finalnya keluar.

Suka Artikel ini ?

Tentukan Bintangnya !

Terima Kasih sudah Menilai Artikel ini

Jadilah yang Pertama untuk menilai Artikel ini

Jika kamu merasa Artikel ini bermanfaat untukmu,

Dukung melalui Media Sosial kami

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat untukmu,

Bantu kami untuk memperbaikinya !

Berikan komentar atau hubungi kami melalui Kontak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x