Nokia Jaringan 5G

Milenianews.com – Nokia, sebagai salah satu brand ponsel yang terkenal dari zaman dulu, nampaknya tidak ingin tergerus oleh brand yang baru.

Pasalnya di beberapa tahun terakhir ini, Nokia mencoba untuk beradaptasi dan mulai bangkit lagi untuk menjadi raja ponsel seperti kala itu.

ADOP

Salah satu Inovasi Nokia adalah turut menjadi salah satu penyedia jaringan 5G. Selasa kemarin(14/1), Nokia mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 63 kesepakatan kerja sama dalam menyediakan jaringan 5G di seluruh dunia.

Hal ini memposisikan Nokia sebagai pemimpin global dalam penyediaan solusi 5G end-to-end.

Dilansir dari tek.id(15/1), kesepakatan kerja sama Nokia dilakukan dengan berbagai perusahaan terkemuka seperti AT&T, KDDI, Korea Telecom, LG Uplus, NTT DOCOMO, O2, SK Telecom, SoftBank, Sprint, STC, T-Mobile AS, Verizon, Vodafone Italy, dan Zain Saudi yang melakukan adopsi awal dan progresif untuk teknologi 5G.

“Tonggak sejarah ini menunjukkan kualitas serta kepercayaan pelanggan pada portofolio 5G kami. Kami berharap hal ini akan berlanjut di tahun ini dengan semakin banyak penambahan kesepakatan kerja sama baru,” ujar Tommi Uitto, President of Mobile Networks, Nokia.

Baca Juga : Sempat Jadi Raja Ponsel, Nokia Ingin Bangkit Kembali Dengan Ponsel Retro Mereka

Sebenarnya, 63 kesepakatan kerja sama yang ditandatangani itu belum termasuk jenis kesepakatan kerja sama 5G lainnya. Seperti kerja sama uji coba jaringan berbayar, pilot atau demonstrasi, dll.

Jika kesepakatan kerja sama tersebut dihitung, maka jumlah kesepakatan kerja sama 5G Nokia akan mencapai lebih dari 100.

Nokia Satu-satunya Vendor dengan Produk end-to-end yang Mencakup Seluruh Elemen Jaringan 5G

Bisa dibilang, Nokia merupakan satu-satunya vendor dengan portofolio produk end-to-end yang tersedia secara global yang mencakup seluruh elemen jaringan 5G.

Elemen termasuk radio, core, cloud, transport serta manajemen, otomasi, dan keamanan sudah dimiliki Nokia.

Momentum 5G didukung oleh kepemimpinan Nokia dalam melakukan penelitian dan pengembangan Teknologi dan Standarisasi Seluler.

Nokia turut menyatakan bahwa lebih dari 2.000 keluarga paten (patent families) 5G merupakan hal penting untuk 5G, setahun setelah membuat deklarasi pertama untuk standar tersebut.

Didukung oleh berbagai inovasi kelas dunia dari lintas organisasi termasuk Nokia Bell Labs, Nokia telah berperan penting dalam kontribusi teknologi untuk 5G.

Nokia juga bekerja dengan 3GPP untuk menetapkan standar 5G dan memungkinkan peluncuran jaringan 5G. Kini, Nokia berkontribusi dalam pengaturan standar berikutnya yakni Release 16.

Jadi sobat milenia, itulah alasan kenapa saat ini Nokia menjadi pemimpin penyedia layanan 5G di seluruh dunia. (Latif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here