Society 5.0, Rencana Dasar Sains dan Teknologi Masyarakat Masa Depan Di Jepang

Society 5 Indonesia

Milenianews.com, Jakarta – Revolusi industri 4.0 membawa dampak yang cukup besar bagi kehidupan masyarakat dunia.

Dimana semua aspek kehidupan terintegrasi dengan teknologi, kehidupan masyarakat senantiasa mengedepankan teknologi digital.

Berangkat dari revolusi 4.0 maka society 5.0 merubah berbagai bidang kehidupan masyarakat yang terakumulasi di dunia maya dan dianalisis oleh kecerdasan buatan, kemudian hasilnya diumpankan kembali ke manusia dalam ruang fisik dalam berbagai bentuk. Rencana dasar sains dan teknologi masyarakat masa depan akan berpusat pada teknologi.

Baca Juga : Technology Transfer Of Knowledge (TechTOK) : ‘Network Infrastruktur & IT Operations’

Mengenal Society 5.0

Society 5.0 merupakan konsep perkembangan teknologi kehidupan masyarakat di Jepang. Kemajuan teknologi ini akan berpusat pada kebiasaan manusia yang berbasis teknologi, jadi secara tidak langsung akan menggantikan peran manusia atau dinilai akan berpotensi mendegradasi peran manusia.

Konsep yang dikenal dengan masyarakat 5.0 akan mentransformasi big data yang diperoleh dan dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan dan akan menjadi suatu kearifan baru demi meningkatkan kemampuan manusia.

Pada konsep masyarakat 5.0,  masyarakat akan mencapai tingkatan tertinggi dalam berwawasan masa depan. Rencana dasar sains dan teknologi masyarakat 5.0 akan dapat memimpin kehidupannya sendiri secara aktif dan menyenangkan.

Peran Society 5.0 Dalam Kehidupan Manusia

Rencana dasar sains dan teknologi masyarakat masa depan akan mengembangkan teknologi artificial intelligence dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia.

Kehidupan manusia dalam berbagai aspek akan sangat dipermudah mulai dari kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Penandatanganan Kerjasama Universitas Nusa Mandiri dengan ILUNI12

Para era ini masyarakat akan menyelesaikan masalah dengan berbagai teknologi yang ditawarkan. Beberapa teknologi seperti sensor, kecerdasan buatan, dan robot akan digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada. (Umi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *