Real Madrid Kalahkan Dominasi Man Utd Sebagai Klub Terkaya Dunia

Real Madrid

Milenianews.com, Jakarta – Real Madrid telah merubuhkan pemuncak daftar Football Money League 2019 yang dirilis Deloitte (24/1). Namun klub-klub Premier League masih mendominasi sebagai ‘Otot Finansial’ dengan enam klub yang masuk dalam 10 besar.

Seperti dimuat di AFP pada Kamis (24/1), Deloitte memberi peringkat tersebut berdasarkan banyaknya pendapatan yang mereka peroleh dari siaran, kerjasama iklan dan pendapatan hak siar pertandingan selama musim 2017/2018.

Real Madrid Raih Peringkat Pertama Ke 12 Kalinya

Real Madrid
Foto : Sky Sports

United mendominasi urutan paling atas selama dua musim terakhir di grafik keuangan. Tetapi sekarang mereka merosot ke urutan ketiga di bawah dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Bayern Munchen, Manchester City, Paris Saint Germain, Liverpool, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur masuk dalam 10 besar.

Baca Juga : Vietnam Lolos Kedua Kalinya Perempat Final Piala Asia
Baca Juga : Morata Siap Merapat Ke Atletico Madrid

Menurut Jones, penulis dan mitra dalam Kelompok Bisnis Olahraga di Deloitte, Real Madrid menjadi klub pertama yang menembus tiga perempat dari nilai satu miliar euro dan mengklaim rekor gelar ‘Football Money League’ yang ke duabelas, terbanyak dalam sejarah.

“Sepak bola Eropa tetap menjadi pasar yang kuat. Kami telah melihat rekor penghancuran yang dilakukan Real Madrid, menjadi klub pertama yang menembus tiga perempat dari nilai satu miliar euro dan mengklaim rekor gelar Football Money League kedua belas dalam prosesnya.”Katanya.

Saat memenangkan gelar Liga Champions ketiganya yang berturut-turut, Real Madrid mendapatkan rekor pendapatan senilai £674,6 juta atau sekitar USD 881,8 juta. Itu membuat Real Madrid menempati posisi teratas FML untuk keduabelas kalinya sejak musim 2014/2015.

Prestasi Buruk Di Liga Champion Memperngaruhi Peringkat United

Man United
Foto : Sky Sports

Klub-klub di Liga Premier Inggris, sedikit terpengaruh oleh penurunan nilai Poundsterling terhadap Euro sebesar tiga persen pertahun nya. Jatuhnya United disebabkan pula karena rekor buruk mereka nihil prestasi di Liga Champions dalam 16 musim kebelakang. 

Pendapatan di Old Trafford hanya tumbuh sebesar dua persen. Musim lalu United mendapatkan £590 juta dan musim ini mereka mendapatkan £615 juta.  

Posisi 20 Besar Diisi Klub Dari Lima Liga Besar Eropa 

FML
Foto : Deloitte

Beberapa klub raksasa Liga Premier Inggris mengalami peningkatan pendapatan juga. Perjalanan Liverpool musim lalu di Liga Champions memberikan peningkatan pendapatan sebesar £ 90,6 juta, sebesar £ 222,6 juta didapat dari pendapatan hak siar pertandingan.

Tottenham Hotspur yang memperpanjang homebase di stadion nasional, Wembley, membantu meningkatkan pendapatan hak siar mereka sebesar £ 26,5 juta.  

Secara keseluruhan, 20 klub teratas, yang semuanya berasal dari salah satu liga ‘lima besar’ Eropa, memperoleh 7,4 miliar poundsterling, naik enam persen dibanding tahun lalu. (Ikok)

Baca Juga : Piatek Resmi Gantikn Higuain Di AC Milan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *