Indeks

Mark Zuckerberg Janjikan Konten Kreator Facebook dan Instagram Dapat Cuan

Mark Zuckerberg Janjikan Konten Kreator Facebook dan Instagram Dapat Cuan

Milenianews.com – Sebuah angin segar datang dari postingan CEO Meta, Mark Zuckerberg baru-baru ini di facebook. Ia membuat postingan yang mengumumkan serangkaian pembaruan terkait opsi monetisasi di Facebook dan Instagram. Sehingga para konten kreator, baik Instagram maupun Facebook bisa dapat cuan.

Dalam postingan tersebut, dia mengungkapkan bahwa perusahaan akan lebih fokus membantu para kreator untuk membangun metaverse.

“Kita sedang menyongsong masa depan dimana orangorang bisa melakukan pekerjaan kreatif yang mereka sukai, dan saya ingin sebuah platform seperti milik kami memiliki peran untuk mewujudkannya,” papar Zuck dalam postingan resmi di akun Facebook miliknya pada Selasa (21/6) lalu.

Baca Juga : Facebook Bayar Rp300 Miliar Untuk Keamanan Mark Zuckerberg

Selain itu, dalam postingan tersebut ia juga menjanjikan enam hal untuk konten kreator di platform miliknya. Pertama terkait pembagian hasil antara perusahaan dengan kreator hingga 2024 mendatang.

Ini berlaku untuk event online berbayar, langganan berbayar, Badges, dan Bulletin, yang mana semuanya akan langsung perusahaan berikan kepada konten kreator.

Selain itu, Meta juga memperkenalkan program monetisasi baru, yaitu Facebook Stars dan Reels Play. Facebook Stars memungkinkan konten kreator menghasilkan cuan dari Stars yang penonton setianya berikan pada konten audio dan video yang mereka buat. Setiap Stars akan bernilai USD0,01 atau sekitar Rp148.

Syarat untuk mengikuti program ini adalah mengharuskan kreator setidaknya harus memiliki 1.000 pengikut selama 60 hari terakhir.

Baca Juga : Meta Hapus 21,7 Juta Konten Kekerasan di Facebook

Sementara itu, untuk program bonus Reels Play untuk para kreator Instagram. Monetisasi ini menghitung berapa kali video Reels diputar sama orang lain. Jadi, semakin banyak video Reels orang tonton, maka semakin banyak pula cuan yang akan kreator kumpulkan.

Kreator Instagram yang dapat berpartisipasi dalam program Reels Play harus memiliki lebih dari 5 video Reels dalam akunnya. Selain itu, Reels mereka setidaknya harus mencapai 100.000 views dalam 30 hari terakhir.

Banyak Fitur baru Yang Akan Hadir di Instagram dan Facebook

Kemudian janji lain Mark ungkapkan adalah hadirnya fitur Interporable Subcsription. Fitur ini memungkinkan para pengelola Facebook Groups dapat menarik biaya langganan untuk dapat mengakses grup khusus dari konten kreator.

Selanjutnya ada fitur Creator Marketplace yang masih dalam tahap pengujian untuk berbagi peluang kemitraan baru.

Dan yang terakhir, mereka saat ini sedang menguji fitur koleksi digital. Saat ini, tim Meta sedang menguji fitur ini di beberapa negara. Para pembuat konten di seluruh dunia akan dapat menampilkan NFT mereka di Instagram.

“Kami juga akan segera menghadirkan fitur ini ke Facebook, dimulai dengan sekelompok kecil pembuat konten di AS sehingga orang dapat memposting silang di Instagram dan Facebook. Kami juga akan segera menguji NFT di Instagram Stories dengan SparkAR,” ujarnya

Exit mobile version