Indeks

6 Manfaat Petai bagi Kesehatan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Milenianews.com – Petai atau pete sudah tak asing lagi bagi Masyarakat Indonesia, bahkan mungkin untuk sebagian orang ini menjadi salah satu lalapan favorit. Namun tahukah Sobat milenia, jika petai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jenis polong-polongan dengan nama ilmiah Parkia speciosa ini terkenal di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, dan Laos. Bentuknya panjang dengan kacang berwarna hijau di dalamnya, yang akan berganti warna menjadi hitam saat matang.

Selain bau yang khas, petai atau pete juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung di petai antara lain besi, vitamin C, protein, vitamin B2, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat lainnya. Petai juga mengandung polifenol (mikronutrien antioksidan), phytosterol yang dapat menurunkan LDL, dan flavonoid (antioksidan). Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan dari petai:

Manfaat Petai bagi Kesehatan

1. Mencegah Depresi

Sebuah penelitian pada seseorang yang berjuang dari gangguan depresi, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai. Hal ini karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang dapat membuat rileks, meningkatkan mood, dan meningkatkan rasa nyaman. Vitamin B6 yang terkandung pada petai mengatur kadar gula darah yang dapat mempengaruhi suasana hati. Bahkan pada orang yang mengalami premenstrual syndrome (PMS).

Penelitian mengungkapkan, buah yang mengandung kalium dapat membantu seseorang meningkatkan rasa kewaspadaan dan meningkatkan daya ingat.

2. Mengatasi Anemia dan Tekanan Darah

Petai sarat zat besi, yang dapat dengan mudah mendorong pembentukan hemoglobin dalam darah yang membantu kasus anemia. Selain itu, petai mengandung banyak kalium tapi lebih rendah garam yang membuatnya ideal mengatasi tekanan darah.

3. Mengatasi Sembelit

Petai kaya akan serat, sehingga dapat membantu memulihkan aktivitas usus secara normal dan mengatasi sembelit tanpa obat pencahar. Selain itu, Pete juga mempunyai efek antasida alami dalam tubuh, pete dapat membantu meredakan nyeri dan perut mulas.

Baca juga : Manfaat Daging Kerbau Untuk Kesehatan

4. Mengimbangi Rasa Stres

Kalium merupakan mineral penting yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak. Serta mengatur keseimbangan air dalam tubuh manusia. Saat cemas, metabolisme meningkat dan membuat kadar kalium menurun. Petai mengandung kalium yang lumayan tinggi, sehingga dapat mengimbangi rasa stres.

5. Anti Radikal Bebas

Kandungan antioksidan tinggi dalam petai dipercaya dapat menangkal efek radikal bebas pada sel tubuh manusia. Radikal bebas dalam tubuh dapat berdampak pada kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, diabetes, dan lainnya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Kandungan serat, antioksidan, dan kalium yang ada pada petai bisa membantu menjaga kesehatan Jantung. Kalium merupakan salah satu elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar selalu stabil, sedangkan serat dan antioksidan pada petai membantu mencegah pembentukan plak.

Tidak Boleh Berlebihan

Meskipun petai mempunyai banyak manfaat baik untuk tubuh kita. Namun bukan berarti petai bisa kita konsumsi dalam jumlah yang banyak sobat milenia. Sobat harus tahu, dalam hal apapun yang namanya berlebihan itu tidak baik. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, perlu untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan.

Mengonsumsi petai dalam jumlah berlebih tak dianjurkan karena berisiko merusak ginjal manusia. Selain itu, penderita asam urat sangat dianjurkan membatasi konsumsi petai karena mengandung purin yang tinggi. Kadar zat ini bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah manusia. Sehingga sebelum mengonsumsi apa pun, sebaiknya sobat juga mempelajari dampak baik buruknya agar tepat sasaran.

(Latif)

 

Exit mobile version