STEI SEBI Selenggarakan Seminar Ekonomi Syariah di SMKN 20 Jakarta

STEI SEBI menyelenggarakan  seminar ekonomi syariah dalam program  SEBI Goes to School  di SMKN  20 Jakarta, Rabu (29/3/2023). (Foto: Dok STEI SEBI)

Milenianews.com, Jakarta- SEBI Goes to School adalah program rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Kali ini, STEI SEBI memenuhi undangan dari SMKN 20 Jakarta Selatan untuk mengadakan seminar ekonomi syariah untuk siswa-siswi Jurusan Perbankan Syariah.

Seminar yang dikelola oleh Forum Mahasiswa Daerah (FORDA) Jakarta dari mahasiswa STEI SEBI ini diselenggarakan pada Rabu, 29 Maret 2023,  di aula SMKN 20. Untuk menyesuaikan dengan lingkungan pelajar, seminar ini mengangkat tema tentang Ekonomi Syariah dan Generasi Z. Tema seminar ini disampaikan oleh Dr. Sepky Mardian  SEI.,  MM.,  SAS.  yang merupakan ketua Program Studi Akuntansi Syariah  STEI SEBI.

Acara dimulai dengan ramah tamah pihak STEI SEBI dengan kepala sekolah dan beberapa orang guru SMKN20. “Untuk pengayaan teori, kami senang dapat dibantu oleh STEI SEBI. Alhamdulillah beberapa alumni kami juga kuliah di STEI SEBI dan sudah ada yang lulus sarjana dan bekerja di salah satu bank syariah di Ciputat. Panitia kali ini juga merupakan alumni kami yang saat ini kuliah di STEI SEBI,” ujar salah seorang guru di Jurusan Perbankan Syariah  SMKN 20.

Setelah ramah tamah, acara seminar diadakan di aula SMKN yang dihadiri lebih dari 70 orang siswa-siswi Jurusan Perbankan Syariah. Untuk mengkondisikan peserta mengikuti seminar, panitia meminta siswa-siswi menulis harapan mereka atas materi seminar ini dan harapan masa depannya di kertas kecil. Secara acak, panitia membacakan 3 orang tulisan harapan siswa-siswi.

“Saya ingin lebih paham ekonomi syariah, saya ingin bekerja di bank syariah dan memeroleh gaji yang tinggi serta dapat membahagiakan orang tua,” ucap salah seorang panitia membacakan tulisan harapan salah seorang siswa.

Selanjutnya acara seminar diisi oleh narasumber selama lebih kurang 50 menit. Untuk mengajak siswa-siswi berinteraksi selama penyampaian materi, Dr. Sepky yang juga merupakan dosen ini membuat materi yang sesuai dengan tema siswa-siswi di aplikasi dari mentimeter.com.

Baca Juga : STEI SEBI dan AFD Law Firm Teken MoU Pendidikan dan Pelatihan Hukum

Setelah mengawali tentang jumlah generasi milenial dan gen Z Indonesia yang memiliki potensi bonus demografi, Dr. Sepky mengajak peserta untuk menulis jawaban pertanyaan di slide mentimeter melalui handphone masing-masing tentang apa yang ada di pikiran mereka jika disebut kata “ekonomi syariah”. Pola seminar dengan interaksi pemateri dan peserta serta sekaligus menggunakan handphone ini dapat membuat peserta tetap fokus menerima penjelasan dan sesekali menuliskan jawaban mereka atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan melalui aplikasi.

“Ketika diundang oleh panitia untuk menjadi narasumber dan menginfokan bahwa pesertanya adalah pelajar, saya merasa tertantang untuk menyiapkan materi yang sesuai dan dapat mengajak peserta bisa  interaktif dua arah. Akhirnya saya memutuskan untuk menyampaikan materi tentang ekonomi syariah generasi Z. Untuk membuat pelajar bisa interaksi dan fokus, saya membuat materinya di aplikasi mentimeter.com,” ucap Dr. Sepky dalam pengantar materi seminar.

Peserta pelajar ini dapat menikmati sesi seminar yang disampaikan sesuai kondisi mereka, memahami materi ekonomi syariah dan dapat berinteraksi selama seminar menggunakan handphone mereka masing-masing. Tanpa terasa, akhirnya panitia mengingatkan narasumber bahwa waktu akan berakhir dalam beberapa menit ke depan walau belum semua slide diulas oleh narasumber.

Untuk menutup seminar, peserta diminta untuk menjawab pertanyaan di mentimeter tentang minat mereka bekerja di industri keuangan syariah. Mayoritas peserta yang merupakan siswa-siswi Jurusan Perbankan Syariah ini menjawab mereka cukup tertarik sampai sangat tertarik bekerja di bank syariah nantinya.

Acara ditutup dengan foto bersama antara peserta, narasumber dan perwakilan guru SMKN 20.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *