Beranda News Google Akan Buat Prosesor Bernama Whitechapel

Google Akan Buat Prosesor Bernama Whitechapel

Milenianews.com – Rumor lama tentang smartphone Pixel 6 akan menggunakan Snapdragon 775 atau 780G mungkin bukan rumor yang akurat. Hal ini terjadi karena kabar terbaru menyiratkan jika Google tampaknya akan mengikuti jejak Samsung atau Apple. Google akan membuat prosesor sendiri, yang akan memiliki nama Whitechapel GS101.

Seperti laporan dari 9t05Google (7/4), selama laporan pendapatan musim gugur lalu CEO Google, Sundar Pichai mengungkit tentang beberapa investasi yang lebih mendalam pada perangkat keras. Ia juga menunjukkan terdapat roadmap yang luar biasa di 2021. Banyak yang menafsirkan, bahwa ini adalah prosesor yang akan Google kembangkan sendiri.

Whitechapel adalah upaya dari Google untuk membuat sistem mereka sendiri pada sebuah chip (SoC) yang nantinya akan ada di ponsel Pixel dan Chromebook. Ini serupa dengan cara Apple dan Samsung menggunakan chip mereka sendiri di beberapa perangkat.

Baca Juga : Kelangkaan Chip Membuat Harga Ponsel Naik

Google juga kabarnya sedang mengembangkan Whitechapel bersama dengan Samsung. Yang mana chip Exynos-nya menyaingi prosesor Snapdragon di ranah Android.

Berdasarkan laporan, Google akan siap meluncurkan perangkat dengan chip Whitechapel paling cepat tahun ini. Dan Pixel selanjutnya juga kabarnya akan menggunakan prosesor buatan Google sendiri.

Dalam dokumen yang sama, Whitechapel digunakan sehubungan dengan nama kode “Slider” – referensi yang juga terdapat di aplikasi Google Camera. Slider sendiri merupakan platform bersama untuk SoC pertama Whitechapel. Secara internal, Google menyebut dan menamai chip ini sebagai GS101. GS mungkin singkatan dari Google Silicon. (Latif)

11 KOMENTAR

  1. Chip google ini punya beberapa kesamaan sama chip exynos, termasuk ke komponen software nya. Tapi google belum kasih informasi apapun mengenai chip buatanya ini, dan google juga menolak klarifikasi kabar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

UNM Tebar Bakti Untuk Negeri Melalui Kegiatan Workshop

Milenianews.com, Cengkareng - Ramadan menjadi momen terbaik untuk berbagi, baik berbagi makanan, takjil ataupun berbagi pengetahuan. Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Cengkareng senantiasa menjadikan...

Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Lebaran sampai 24 Mei 2021

Milenianews.com, Jakarta - Pemerintah perpanjang larangan mudik sampai 24 Mei 2021. Perpanjangan tersebut berlaku mulai hari ini, 22 April 2021. Melalui Satuan Tugas (Satgas)...

Anak Dinosaurus Tertangkap CCTV, Berkeliaran di Belakang Rumah

Milenianews.com, Jakarta - Sebuah cuplikan video dari daerah Florida, Amerika Serikat (AS) memperlihatkan yang mirip seekor anak dinosaurus berlari di belakang rumah seorang warga. Jika...

Tayang Bersamaan Skandal, Film Seo Ye Ji ‘Recalled’ Puncaki Box Office Korea

Milenianews.com - Seiring dengan skandal yang terjadi kepada Seo Ye Ji, film terbaru yang ia bintangi berjudul Recalled justru menorehkan pencapaian menakjubkan. Recalled sukses...