Beranda Pendidikan Kemendikbud akan Upayakan Kuota Data Gratis untuk Mahasiswa selama PJJ

Kemendikbud akan Upayakan Kuota Data Gratis untuk Mahasiswa selama PJJ

Milenianews.com, Jakarta – Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan selama pandemi Corona (Covid-19) menjadi tahun pendidikan terberat untuk para mahasiswa. Pasalnya, masa sulit ini, meruntuhkan ekonomi masyarakat yang terdampak dan banyak sekali.

Alhasil, kebutuhan meningkat, pendapatan berkurang pun semakin memperparah keadaan. Terutama kebutuhan kuota internet yang wajib dimiliki para pelajar dan mahasiswa agar bisa mengikuti kelas PJJ. Itikad baik pun telah ada dari pemerintah.

Baca Juga : Pengajar harus Tahu! Cara menggunakan Google Classroom secara Offline

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengupayakan bantuan kuota untuk mahasiswa pada saat pelaksanaan PJJ pada tahun akademik baru.

“Saat ini, kami memperjuangkan bantuan kuota internet untuk minimal 25 persen dari seluruh jumlah mahasiswa di Indonesia,” ujar Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani, Senin (10/8).

Selain pemberian kuota data gratis, Kemendikbud juga akan menyiapkan tower BTS berjalan untuk membantu pelaksanaan PJJ

Pihaknya telah bekerjasama dengan sejumlah penyedia jaringan telekomunikasi untuk membantu mahasiswa dalam melaksanakan PJJ. Sementara, perkuliahan tahun akademik pandemi akan dimulai pada September sampai akhir tahun 2020.

Selain upaya pemberian paket data gratis, Kemendikbud juga menyiapkan sarana lain, yakni base transceiver station (BTS) bergerak dan 15 ribu perangkat gawai untuk wilayah yang tidak terjangkau internet. Penyediaan BTS itu juga bentuk kerja sama Kemendikbud dengan sejumlah kampus.

Baca Juga : STMIK Nusa Mandiri Jadi Tuan Rumah Seminar & Workshop MOOC dan PJJ

“BTS bergerak tersebut ditempatkan di daerah terpencil untuk membantu menangkap sinyal internet dalam radius lima kilometer,” paparnya. Kemendikbud berharap mulai 2021, proses pembelajaran di jenjang pendidikan tinggi akan mengadopsi pembelajaran campuran antara pendidikan tatap muka dan jarak jauh. (Rifqi Firdaus)

Sumber : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...