Beranda News Penat di Rumah selama PSBB? Baca Doa ini

Penat di Rumah selama PSBB? Baca Doa ini

Milenianews.com, Jakarta – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kampanye #StayAtHome alias #DiRumahAja. Juga pengalihan tempat aktivitas harian dari kantor maupun sekolah ke rumah, tentu memiliki tujuan baik, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) yang sedang mengancam sekarang ini.

Akan tetapi, berdiam diri di rumah dalam waktu yang cukup lama nyaris pasti akan menghadirkan rasa penat dan kebosanan.

Baca Juga : [Kisah Ramadan] PSBB di Era Rasulullah

- Advertisement -

Kejemuan yang muncul itu mengakibatkan segala yang terlihat terasa begitu sempit dan pengap. Khawatirnya, kejenuhan yang kian bertumpuk akan mempengaruhi tingkat kreativitas dan produktivitas menurun.

Nah, untuk menghindari ketakutan itu, bolehlah sesekali atur ulang tata letak ruangan hingga menjadi lebih berbeda dan menyegarkan. Selain itu, tentu, di waktu senggang rutinkanlah ruangan yang ditinggali menjadi tempat berdzikir dan berdoa.

Doa Agar Rumah Terasa Luas dan Nyaman

- Advertisement -

Allahumma ighfirli dzanbi, wa wassi’li fi daari, wa baarik li fi rizqi.

“Ya Allah, ampunilah dosaku, lapangkanlah tempat tinggal (rumah) ku, serta berkahilah rezeki untukku.”

Doa ini diajarkan Rasulullah Muhammad Saw, sebagaimana dalam hadis dari Abu Musa Al-Asy’ari, dia berkata ;

“Aku pernah datang kepada Rasulullah Saw ketika beliau sedang berwudu. Aku mendengar Nabi Saw membaca, Allahumma ighfirli dzanbi, wa wassi’li fi daari, wa baarik li fi rizqi.” (HR. An-Nasa’i).

Allahumma ighfirli dzanbi, wa wassi’li fi daari, wa baarik li fi rizqi.

“Ya Allah, ampunilah dosaku, lapangkanlah tempat tinggal (rumah) ku, serta berkahilah rezeki untukku.”

Doa ini diajarkan Rasulullah Muhammad Saw, sebagaimana dalam hadis dari Abu Musa Al-Asy’ari, dia berkata ;

“Aku pernah datang kepada Rasulullah Saw ketika beliau sedang berwudu. Aku mendengar Nabi Saw membaca, Allahumma ighfirli dzanbi, wa wassi’li fi daari, wa baarik li fi rizqi.” (HR. An-Nasa’i).

Doa agar di rumah terasa berkah dan menyenangkan

Rabbi anzilni munzalan mubarakan wa anta khairul munzilin.

“Ya Allah berilah kami tempat yang Engkau berkahi dan Engkau adalah Dzat Yang Maha Memberi Tempat yang baik.”

Redaksi ini diambil dari QS. Al-Mukminun: 29 yang mengisahkan doa Nabi Nuh As ketika baru turun dari bahtera setelah peristiwa banjir besar yang menimpa kaumnya.

Allahumma ya man falaqal bahra li Musa bin ‘Imran, wa najja Yunusa min bathnil hut, wa sayyaral fulka li man sya’a, antal ‘alimu bi ‘adadi qathril bihari, wa dzarratir rimal. Ya Khaliqa ashnafi ‘aja’ibil makhluqat. As’alukal kifayah, ya kafiya man istakfah, ya mujiba man da‘ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikfini syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla’ manzili hadza khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasûlika sayyidina Muhammadin wa alihi wa shahbih wa sallim.

“Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapa pun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Selawat salam semoga tercurah kepada utusan-Mu, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Baca Juga : Ayah dari 10 Hafiz Al Quran, Mutammimul Ula Tutup Usia

Sumber : Disarikan dari hadis dalam Sunan An-Nasai, dan keterangan dalam Maraqi Al-‘Ubudiyyah syarah Matan Bidayah Al-Hidayah karya Syekh Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani, serta penjelasan dalam Al-Wasa’il As-Syafi’ah karya Syekh Muhammad bin Ali Khirid Al-Alawi Al-Husaini At-Tarimi. (afr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Konami Ubah PES Jadi eFootball dan Gratis untuk Dimainkan

Milenianews.com - Belum lama ini, Konami secara resmi mengumumkan kabar mengejutkan. Kabarnya perusahaan yang berbasis di Jepang ini mengumumkan bahwa tidak akan meluncurkan seri Pro...

Kisah Khaby Lame, Miliarder yang Pernah Jadi Buruh Pabrik

Milenianews.com, Jakarta - Siapa yang bukan followers nya influencer asal Italia, Khaby Lame. Sepertinya Sobat Milenia, banyak yang mengikutinya. Lewat akun TikTok dan Instagram @khaby00,...

Drakor Nevertheless Relate Dengan Kisah Cinta Remaja Indonesia

Milenianews.com - Drama Korea (Drakor) memang selalu menjadi tren di Indonesia. Hingga belum lamna ini para pecinta drakor ramai membicarakan karakter Park Jae Eon dari...

Drakor Hometown Cha-Cha-Cha Tayang 28 Agustus di Netflix

Milenianews.com - Drama Korea terbaru berjudul "Hometown Cha-Cha-Cha" akan tayang di Netflix pada 28 Agustus mendatang. Drama bergenre romantis ini menghadirkan Dua aktor populer Shin...