News  

MUI: Ibadah Ramadhan di Rumah Saja, tak Kurangi Ketaatan

MUI Imbau ibadah ramadhan di rumah

Milenianews.com, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat melaksanakan ibadah Ramadhan di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Ibadah di rumah tidak mengurangi ketaatan beragama.

“Mari sama-sama dalam pelaksanaan ibadah menyesuaikan dengan kondisi pandemik. Kita jadikan rumah jadi pusat kegiatan ibadah,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh, di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Sabtu (18/4).

Baca Juga : Presiden : Masyarakat Bekerja, Belajar dan Beribadah di Rumah

Menurut dia, langkah ini adalah ikhtiar baik untuk menjaga diri sendiri dan orang lain dari virus Corona. Dia menyebut beribadah di rumah selama Ramadhan amat diperlukan saat ini.

“Saya tegaskan penggeseran tidak mengurangi satu inci pun dalam hal ketaatan. Tidak ada hal yang dikurangi dari pelaksanaan ibadah dalam menggeser posisi ibadah dari masjid ke rumah,” ujar dia.

MUI berharap wabah Covid-19 cepat mereda dan aktivitas kembali normal

Asrorun mengajak masyarakat memanfaatkan ibadah di rumah sebagai momen refleksi diri. Selain itu, dia menyebut ada sejumlah manfaat dari beribadah di rumah.

Pertama, memperkuat keharmonisan keluarga yang sehari-hari kurang intim. Asrorun menyebut kesibukan sehari-hari bisa membuat renggang hubungan antar anggota keluarga.

“Manfaat selanjutnya adalah kesehatan masyarakat, yaitu berkontribusi ibadah di rumah untuk meminimalisasi potensi penyebaran covid- 19,” tutur Asrorun.

Baca Juga : Ngeri! Angka Kematian Corona di Ekuador mencapai 5 Ribu orang dalam 24 jam

Ia pun mendorong masyarakat agar disiplin melakukan hal itu. Dia yakin niat yang baik akan menghasilkan sesuatu yang juga baik.

“Ketakwaan, keikhlasan kita bisa jadi pintu rahmat Allah SWT. Kita harap ujian ini segera selesai,” ungkap dia.(afr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *