Hari Kesehatan Nasional, Menkes : JKN sangat Dibutuhkan Masyarakat

Hari Kesehatan Nasional

Milenianews.com, Jakarta – Hari ini tanggal 12 Nopember 2019, merupakan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke-55. Menteri Kesehatan, dr. Terawan Putranto membuka peringatan tersebut di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan Selasa (12/11).

Ia menyebut, ada dua isu kesehatan utama yang harus segera diselesaikan. Pertama isu stunting atau kekurangan gizi kronis dan masalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca Juga : Jokowi tak Ingin Lagi ada Impor-Impor

Selain itu, masalah kecil lainnya juga banyak yang belum teratasi. Seperti harga obat dan alat kesehatan yang tinggi, sampai rendahnya produksi alat kesehatan dalam negeri.

“Hal-hal itu akan menjadi fokus perhatian kita saat ini, untuk segera diusahakan solusinya,” katanya.

dr. Terawan menyebut, bahwa menteri sebelumnya sudah berhasil meningkatkan indeks pembangunan manusia Indonesia.

“Salah satu parameter yang diukurnya dari usia harapan hidup, isu-isu strategis telah dilakukan dan menghasilkan perbaikan dengan menurunkan angka kematian ibu dan anak,” tambahnya.

Fasilitator Akses Kesehatan Masyarakat

Menteri juga menyinggung masalah stunting, ia menyebut angka stunting sampai turun sampai 10 persen. Sedangkan masalah JKN, hal tersebut masih menjadi tantangan berat Menkes.

“JKN telah dilaksanakan sepenuhnya, mesi tantangan yang dihadapi sangat besar,” jelasnya.

Baca Juga : Prabowo Tunjuk Dahnil Anzar sebagai Jubir Menhan

Masyarakat Indonesia, menurutnya, sangat membutuhkan JKN. “Peningkatan pemanfaat JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.”

“Untuk itu, mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang diahadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata,” kata dr. Terawan. (Ikok)

Sumber : Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *