Belum Pernah Naik Gunung? Ini Dia Tips Naik Gunung Buat Pemula

PSMA Pendaki Pemula

Milenianews.com, Jakarta – Siapa nih yang suka naik gunung?, atau ada yang baru mau nyoba naik gunung? Naik gunung atau bahasa kerennya hiking, menjadi salah satu kegiatan favorit generasi milenial untuk menghabiskan waktu libur.

Daya tarik keindahan alam gunung di Indonesia, menyihir banyak orang untuk mendakinya. Terlebih, kegiatan mendaki gunung bisa menjadi cara untuk relaksasi dan meredakan stres.

Agar bisa menikmati keindahan pesona gunung di atas puncak, mesti ada perjuangan terlebih dahulu melewati trek-trek pegunungan. Buat kamu yang bukan anak pecinta alam, ingin mendaki gunung jangan khawatir. Bisa mulai mendaki, tapi pilih gunung yang mudah dulu biar nggak kewalahan.

Baca Juga : Berlayar Di Lautan Hong Kong Dengan Kapal Legenda Bajak Laut

Buat kamu para pemula, perhatikan baik-baik beberapa tips naik gunung untuk pemula agar kamu tidak “tepar” di tengah jalan. Ini dia tips nya dikutip Uzone.co.id pada Kamis (26/04) :

Mencari Info Lokasi Pendakian

Mendaki
Foto : Pexels.com

Dengan mencari tahu info lokasi, Kamu bisa mempersiapkan diri dengan teliti. Cari tahu informasi mengenai level gunung, ketinggian, waktu tempuh, dan medan yang akan kamu jalani.

Dengan asupan informasi yang banyak, Kamu bisa menelaah dan memprediksi penaklukan gunung yang akan kamu daki. Akan lebih baik jika bertanya pada teman yang sudah pernah mendaki gunung tujuan mu, atau biasanya banyak pendaki yang menulis di blog-blog mereka.

Rutinkan Olahraga Ringan Sebulan Sebelum Naik

Rutinkan Olahraga
Foto : Pexels.com

Bagi yang jarang olahraga dan beraktivitas berat, sebaiknya rutinkanlah olahraga ringan, seperti Jogging keliling kompleks untuk persiapan. Karena naik gunung perlu kondisi fisik yang prima. Jika kondisimu nanti pas naik loyo, akan mempersulit teman mu dan gagal sampai puncak.

Selain itu, dengan tubuh yang lemah, akan mudah terganggu kesehatan nya saat di gunung seperti Hipotermia, edema paru atau mountain sickness. Yaaa, intinya sangat dianjurkan untuk olahraga.

Siapkan Bekal Makanan Untuk Di Gunung

PSMA/ Ciremai 2018
Foto : PSMA/ Ciremai2018

Jika naik gunung yang cukup tinggi, siapkan lah diri untuk bermalam disana dengan baik. Terlebih gunung yang tinggi, siapkanlah beberapa benda yang wajib di bawa seperti sleeping bag, tenda, bahan makanan, kompor, air minum, obat-obatan juga beberapa pakaian hangat.

Meski demikian, jangan terlalu berlebihan meyiapkannya. Secukupnya aja, sesuai berapa hari kamu akan bermalam. Hal ini agar tas ransel yang Kamu bawa tidak terlalu berat.

Usahakan Jangan Mendaki Sendirian, Ajakalah Teman Yang Sudah Berpengalaman

Bawa Teman Saat Mendaki
Foto : PSMA/Ciremai 2018

Dengan begitu, perjalanan mu tidak akan bosan. Kamu juga bisa membagi-bagi bagian bawaan dengan teman perjalanan mu agar tidak lebih berat.

Teman yang sudah berpengalaman akan bisa membuat perjalanan pendakian semakin mudah, karena ada yang sudah hafal medan nya. Terutama saat istirahat kelelahan, ada orang yang akan melayani hanya sekedar memasak mie atau air hangat.

Bawa Tisu Agak Banyak, Jangan Lupa

Bawa Tisu Saat Naik
Foto : Pexels.com

Karena di gunung tentu tidak ada toilet, air pun jarang. Nanti saat kamu ingin Buang hajat keil atau besar pasti di semak-semak. Nah, tisu lah yang akan dijadikan sebagai media pembersih nya.

Adapun media lain untuk membersihkan sisa hajat besar, bisa menggunakan batu yang bersih sebanyak tiga kali, masing-masing batu bersihkan dengan ujungnya. Setidaknya itu yang pernah diajarkan dulu saat Kita ngaji yak, hhe 🙂 .

Bawa lah tisu dengan jumlah yang agak banyak, agar saat di gunung bisa tetap bersih dan tidak jorok. Kalo perlu, bawa sekop kecil juga untuk mengubur kotoran agar tidak mengganggu pendaki yang lain, juga untuk menjaga kebersihan gunung juga.

Jaga Kesehatan Sebelum Mendaki Dengan Asupan Yang Sehat

Bawa Makanan yang Sehat
Foto : Pexels.com

Sebelum dan sesudah naik gunung, konsumsi lah makanan yang sehat nan bergizi tinggi untuk menjaga kebugaran tubuh. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan sebagai konsumsi sehari-hari. Kalo perlu, hindari junkfood agar lebih berenergi dan kuat saat mendaki.

Bisa juga dengan tambahan suplemen vitamin dalam konsumsi sehari-hari mu agar tubuh tetap sehat dan terjaga. Selain itu, bawa juga bekal makanan yang sehat dan mudah dibawa saat perjalanan seperti roti gandum, oats, atau buah-buahan segar.

Jangan Sungkan Minta Istirahat Saat Kelelahan Di Jalan

PSMA/Ciremay 2018Foto : PSMA/Ciremai2018

Banyak yang gagal naik ke puncak, salah satu alasannya karena memaksakan diri dan akhirnya tumbang. Bagi Kamu yang pemula, jangan merasa sungkan bilang ingin istirahat dulu pada yang lain jika merasa sudah lelah di tengah jalan.

Dengan begitu, Kamu juga bisa beristirahat sejenak sambil melihat pemandangan gunung dan hirup oksigen segarnya, untuk memulihkan tenaga dan lebih sanggup melanjutkan perjalanan. Ataupun sekedar foto-foto dulu.

Baca Juga : Tarian Doro Mantika di Festival Pesona Tambora

Nah, dengan tips ini, Kamu akan lebih nyaman dan terjaga menikmati perjalanan pertamamu. Nikmati setiap langkah dalam mendaki dan ingat, jangan memaksakan diri jika sudah tidak kuat. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *