Beranda Lifestyle Teknologi Facebook Akan Menggabungkan WhatsApp, Instagram Dan Facebook Messenger

Facebook Akan Menggabungkan WhatsApp, Instagram Dan Facebook Messenger

Milenianews.com, Jakarta – Melalui CEO nya, Mark Zuckerberg, Facebook dilaporkan tengah mempertimbangkan penggabungan tiga patform layanannya, WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger. Penggabungan tersebut akan memungkinkan pengguna dapat mengirim antar ketiga platform secara langsung untuk pertama kalinya.

Seperti dimuat di Antaranews.com yang dikutip dari New York Times, Facebook akan melakukan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari ketiga apilkasi tersebut untuk memastikan ketiganya bisa dioperasikan sesuai rencana.

Baca Juga : Kominfo Akan Buat Regulasi IoT Awal 2019

Semua Pesan Akan Menggunakan Enkripsi E2E

FacebookFoto : sumselupdate.com

 

Ia mencontohkan, pengguna WhatsApp bisa mengirim teks pesan untuk pengguna Instagram tanpa harus perlu berganti aplikasi dulu.

Pengkodean tersebut, akan menggunakan enkripsi end-to-end (E2E). “Pengkodean ulang perangkat lunak itu juga akan melibatkan pengaktifan enkripsi end-to-end pada ketiga aplikasi tersebut.” Menurut Mike Isaac dari New York Times.

Semua pesan WhatsApp akan menggunakan enkripsi tersebut, termasuk Facebook sendiri, untuk mencegat atau menyensor isi pesan.

Facebook Messenger hanya mendukung E2E dalam mode “percakapan aman” yang khusus, yang tidak otomatis aktif, ada pengaturannya untuk setiap obrolan. Sementara Instagram tidak memiliki enkripsi sama sekali.

Baca Juga : Tahun 2019, Samsung Targetkan Rilis Smartphone 5G Di Amerika

E2E merupakan enkripsi keamanan yang efektif untuk setiap pengguna. Enkripsi tersebut bisa membuat Facebook tidak bisa memindai pesan yang berbau iklan.

Masih Dapat Kecaman Dari Organisasi Penegak Hukum

Facebook
Foto : Mobilegeeks

Meski demikian, teknologi yang sedang dikembangkan Facebook ini, mendapat tentangan dari organisasi penegak hukum. Pasalnya, menghambat mereka untuk menintersep komunikasi yang dicurigai secara real-time. (Ikok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...