Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan dengan Mudah

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan dengan Mudah
Sumber: Kompas

Milenianews.com - Belum lama ini, WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan. Selain fitur ini, bos Meta Mark Zuckerberg juga mengumumkan fitur-fitur terbaru WhatsApp lainnya. Zuckerberg berharap fitur-fitur baru WhatsApp tersebut dapat memberikan perlindungan privasi bagi pengguna WhatsApp.

“(Fitur baru WhatsApp) mulai dari keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat,” terang Zuckerberg dalam sebuah keterangan.

“Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka,” tambahnya.

Baca Juga : WhatsApp Hadirkan Fitur Sembunyikan Status Online

Fitur keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan ini telah Meta umumkan sejak awal Agustus 2022. Namun, fitur tersebut baru hadir ke aplikasi WhatsApp di handphone sekitar akhir September 2022. Fitur ini hadir lebih awal di hp Android, sekitar 30 September melalui versi aplikasi WhatsApp 2.22.20.79. Kemudian pada 4 Oktober, fitur tersebut hadir untuk iPhone lewat versi aplikasi WhatsApp 22.20.75.

Kalau Sobat Milenia mau mencoba fitur ini, yuk simak langkah-langkahnya sebagai berikut. Namun sebelumnya, Sobat Milenia harus pastiin dahulu telah memiliki versi aplikasi WhatsApp terbaru, baik untuk iPhone maupun hp Android.

Baca Juga : Pengguna WhatsApp Akan Mampu Hapus Pesan 2 Hari Lalu

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

  1. Buka ruang obrolan grup WhatsApp
  2. Lalu klik nama grup yang tertera di bagian atas ruang obrolan
  3. Setelah halaman profil grup WhatsApp telah terbuka, gulir ke bawah dan klik opsi “Keluar dari Grup” atau “Exit Group”
  4. Selesai mengetuk opsi tersebut, pengguna akan keluar dari grup WhatsApp tanpa muncul notifikasi di ruang chat sehingga tak akan diketahui oleh anggota lainnya.

Sebelum fitur ini hadir, ketika pengguna keluar dari grup WhatsApp. Anggota lain akan mendapatkan pemberitahuan, seperti “XYZ left” atau “XYZ keluar” yang muncul di ruang obrolan.

Kini, pemberitahuan tersebut tidak akan muncul pada anggota lain di grup versi terbaru sehingga pengguna bisa keluar grup tanpa ketahuan. Fitur ini cocok untuk Sobat Milenia yang mulai risih terhadap grup WhatsApp yang sering ramai oleh percakapan personal saja. Atau mungkin untuk sobat yang suka gaenakan sama anggota grup lain dan malas untuk menjelaskan alasan keluar grup.

Baca Juga : Wow! Kini Aplikasi WhatsApp di Windows Bisa Berfungsi Mandiri

Cara Lihat Peserta Grup Sebelumnya

Meski demikian, admin grup masih mendapat pemberitahuan bila anggotanya ada yang keluar. Ini berarti pengguna yang keluar tidak benar-benar keluar grup tanpa ketahuan anggota lain.

Selain itu, anggota lain juga masih dapat melihat riwayat aktivitas keluar grup. Dengan demikian, anggota lain dapat melihat siapa saja anggota yang telah keluar dari grup WhatsApp melalui opsi terbarunya “View Past Participants” atau “Lihat Peserta Sebelumnya”. Pada opsi ini, anggota lain dapat melihat kapan peserta keluar dari grup. Opsi “View Past Participants” menyajikan informasi anggota yang meninggalkan grup baik keluar sendiri atau dikeluarkan dalam kurun waktu 60 hari terakhir. Untuk mengaksesnya, Anda cukup membuka halaman profil grup dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi tersebut.

Bagaimana Sobat Milenia ? Kira-kira masih ragu gak nih buat keluar grup yang menurut Sobat Milenia sudah tidak menguntungkan lagi. Tapi tetap jaga silaturahminya ya. (Reporter 5)

Exit mobile version