Jangan Panik! Ini Cara Atasi Laptop Black Screen

Laptop Black Screen

Mileninanews.com – Ada beberapa cara untuk memperbaiki laptop black screen atau laptop yang mengalami masalah layar hitam. Beberapa penyebab umumnya adalah masalah dalam instalasi Windows yang mungkin terhenti atau gagal.

Cara atasi Laptop yang mengalami masalah Black Screen

1. Gunakan menu pengelolaan tugas (Task Manager)

Pertama, hidupkan laptop. Jika tiba-tiba laptop menampilkan layar hitam, coba gunakan pintasan “Ctrl+Alt+Delete” atau Ctrl+Alt+Del. Ini akan membuka layar dengan berbagai opsi. Pilih “Task Manager“. Selanjutnya, pilih “Add New Task” dan ketik “explore.exe” di kolom yang tersedia.

Kemudian, pilih “explore” dan biarkan laptop memulai prosesnya secara otomatis. Tunggu sebentar. Setelah layar muncul kembali, jangan terburu-buru untuk menggunakan laptop. Biarkan laptop diam selama dua hingga lima menit untuk penyesuaian.

Baca juga : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

2. Setel ulang pengaturan BIOS ke default

BIOS (Basic Input/Output System) adalah program yang digunakan oleh prosesor komputer untuk memulai perangkat setelah dinyalakan. Ini mengatur aliran data di antara perangkat keras dan sistem operasi.

Jika kalian mengalami masalah layar hitam pada laptop, kalian mungkin perlu mengatur ulang pengaturan BIOS ke pengaturan default.

Cara mengakses BIOS bisa berbeda tergantung pada laptop kalian (biasanya dengan menekan tombol seperti F1, F2, F10, F12, atau DEL saat booting). Lalu, pilih opsi “load setup defaults” untuk mengembalikan pengaturan ke default.

3. Restart Laptop

Dalam situasi layar hitam, kalian mungkin tidak bisa mengakses menu administrator pada laptop untuk melakukan restart. Namun, kalian dapat mengatasi hal ini dengan langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol “Ctrl+Alt+Delete” secara bersamaan.
  • Pilih akun kalian dan masuk seperti biasa.
  • Klik pada ikon tombol daya.
  • Pilih opsi ‘Restart‘ untuk memulai ulang laptop.

Baca juga : Xiaomi Luncurkan Laptop Tipis, Xiaomi Book Air 13

4. Gunakan Shortcut pada Keyboard untuk kembali ke beranda Windows

Jika laptop kalian mengalami layar hitam dan kalian tidak dapat mengakses Windows, kalian dapat menggunakan shortcut pada keyboard untuk mengatasinya.

Cukup tekan tombol “Logo Windows+Ctrl+Shift+B” secara bersamaan. Kemudian, tunggu sebentar hingga layar laptop melakukan proses untuk kembali ke beranda Windows.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version