Indeks
News  

Warga Gaza Ngantri di Toko Roti Yang Baru Buka Lagi di Gaza Utara

toko roti di gaza
Tiga toko roti di Gaza Utara kembali di buka setelah pecahnya konflik di Gaza, ribuan warga antusias mengantri untuk mendapatkan roti (sumber: Xinhuanews)

Milenianews.com, Jakarta – Tiga toko roti di Kota Gaza telah dibuka kembali setelah berhenti beroperasi sejak dimulainya penyerbuan operasi militer Israel ke Palestina pada bulan Oktober tahun sebelumnya. Keputusan untuk membuka kembali toko roti ini diambil dalam koordinasi dengan Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP), menurut sumber-sumber Palestina dan saksi mata.

Melansir dari Astroawani, Selasa (16/4) menyusul pemadaman operasi selama beberapa bulan, WFP menyediakan dukungan dengan menyediakan gas untuk mengoperasikan mesin-mesin otomatis serta tepung untuk pembuatan roti. Seiring dengan pembukaan kembali ini, harga roti seberat 2,5 kg dijual seharga 1,5 dolar AS. Antusiasme warga Palestina terlihat dari kerumunan yang mengantri di pagi hari di depan toko-toko roti yang baru dibuka.

Baca juga: Ribuan Warga Palestina Kembali Ke Gaza Utara!

Rasa syukur warga Palestina atas dibukanya kembali toko roti di Gaza

Salah seorang warga, Mohammed Saud, mengungkapkan rasa syukurnya atas kembalinya layanan ini. Saud, seorang ayah dari lima anak, menyatakan bahwa selama beberapa bulan terakhir, keluarganya kesulitan mendapatkan roti karena kurangnya gas, listrik, dan tepung di wilayah tersebut.

Sebelum pecahnya konflik, Gaza memiliki sekitar 140 toko roti untuk melayani lebih dari 2 juta penduduknya. Namun, sejak dimulainya perang, Gaza telah mengalami pemadaman listrik total setelah Israel menghentikan pasokan listrik dan bahan bakar ke wilayah tersebut. Hal ini menyebabkan penutupan satu-satunya pembangkit listrik di Gaza, memaksa infrastruktur dasar untuk mengandalkan generator cadangan yang terbatas karena kelangkaan bahan bakar.

Dampak humaniter dari konflik ini sangat terasa, terutama di kalangan anak-anak. Menurut sumber medis di Gaza, sekitar 30 orang telah meninggal karena kelaparan, dehidrasi, dan kekurangan pasokan medis sejak pecahnya perang pada Oktober 2023.

Baca juga: Israel Umumkan Akan Buka Dua Jalur Bantuan Untuk Warga Palestina di Gaza

Kembalinya operasi beberapa toko roti merupakan langkah positif dalam memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza. Meskipun demikian, harapan untuk kembalinya kehidupan normal masih tergantung pada pemulihan pasokan listrik dan bahan bakar yang berkelanjutan.

Masyarakat Gaza pun mengharapkan agar semua toko roti dapat segera kembali beroperasi seiring dengan bantuan kemanusiaan yang terus mengalir ke wilayah tersebut untuk mengatasi krisis yang terus berlangsung di Negara Palestina tersebut.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version