News  

Pesan Suara Whatsapp Bisa Diubah Jadi Teks

Pesan Suara Whatsapp Bisa Diubah Jadi Teks

Milenianews.com – Whatsapp tengah mengembangkan fitur terbarunya dengan menyediakan opsi bagi pengguna untuk mengetahui isi pesan suara tanpa mendengarkannya. Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru bernama “Voice Note Transcript.” Fitur ini memungkinkan ubah pesan suara menjadi teks.

Dengan fitur terbaru ini, pengguna bisa mengetahui isi pesan suara tanpa perlu memutar atau pendengarkan terlebih dahulu. Fitur ini muncul di pembaharuan Whatsapp beta versi 23.3.0.73 untuk perangkat IOS.

Aplikasi Chat tersebut akan menyediakan jendela pop-up yang berisikan informasi mengenai fitur terbarunya. Jendela tersebut akan menjelaskan dua alasan yang membuat pesan suara tidak bisa menjadi transkrip.

Baca juga : Kenali Fitur di GB WhatsApp yang Lebih Menarik

Pertama, karena kata-kata dalam pesan tidak dikenali. Kedua, karena pengguna belum menyetel bahasa pilihan yang sesuai dengan bahasa pengirim pesan suara. Pengguna dapat mengubah pilihan bahasa pada menu “change Language” yang juga akan muncul di jendela. Akan tetapi, belum ada informasi lebih spesifik mengenai pilihan bahasa yang tersedia untuk fitur terbaru ini.

Pengembangan Pertama Transkrip Pesan Suara Whatsapp

Di tahun 2021 lalu, WABetaInfo sebenarnya sudah menemukan fitur transkrip pesan suara yang sama. Namun, saat itu whatsapp berhenti mengembangkan fitur tersebut. Pada pengembangan sebelumnya, aplikasi tersebut mengharuskan pengguna untuk mengajukan izin penggunaan fitur tersebut. Izin tersebut akan muncul sebagai jendela pop-up.

Pada jendela tersebut akan tertera bahwa data suara yang WhatsApp terima akan terkirim ke Apple untuk di transkrip. Serta tertulis pula data yang terkirim dari fitur tersebut whatsapp juga akan membantu Apple untuk meningkatkan teknologi pengenalan suara.

Lalu, pengguna akan mendapat pilihan “OK” untuk melanjutkan transkrip pesan suara atau “Don’t Allow” bila pengguna tidak ingin mengaktifkannya. Setelah itu pengguna akan bisa melihat hasil transkrip dari pesan suara berdasarkan stempel waktu (TimeStamp).

Stempel waktu berguna bila pengguna ingin lompat ke isi pesan suara tertentu saja pada pesan suara, sehingga tidak perlu mendengarkan pesan suara dari awal. Ketika pesan telah di transkrip, teks akan  tersimpan secara lokal di database WhatsApp. Sehingga tidak pelu di transkrip kembali jika pengguna ingin melihatnya lagi di kemudian hari.

Baca juga : Fitur Message Yourself WhatsApp Resmi Meluncur Pada Android dan iPhone

Keamanan

Whatsapp juga mengklaim bahwa fitur tersebut terlindungi oleh sistem keamanan enkripsi ujung ke ujung (E2EE). Maka secara teori tidak akan ada pihak lain yang bisa mengintip isi transkrip. Selain si penerima dan si pengirim pesan.

Namun, sejauh ini belum diketahui kapan fitur tersebut akan tersedia untuk pengguna IOS. Belum diketahui pula apakah fitur tersebut akan tersedia untuk Android.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Exit mobile version