Event, News  

Peringati Hari Konsumen Nasional, Kemendag Adakan Festival Harkonas 2024

Festival Harkonas 2024

Milenianews.com, Depok – Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024. Peringatan tersebut mereka selenggarakan dengan bentuk Festival Harkonas 2024 di Trans Studio Mall Cibubur, Depok, Jawa Barat pada 18—21 April 2024.

Bertemakan ‘Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi’, kegiatan Festival Harkonas 2024 berisi dengan pameran produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Baca juga: Kemendag Tingkatkan Ekspor Dengan Program Gratis Ongkir

Festival Harkonas 2024

“Festival Harkonas 2024 kali ini terselenggara untuk menandakan dimulainya rangkaian peringatan Harkonas 2024. Kami berharap konsumen semakin cerdas dalam bertransaksi,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) PKTN, Moga Simatupang di tempat terpisah, dalam rilis yang diterima MileniaNews, Sabtu (20/4).

Sementara itu, pada pembukaan festival tersebut, Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Matheus Hendro Purnomo pun berharap bahwa acara Harkonas ini bisa menjadi jembatan bagi produsen dengan konsumen. Selain itu, mendorong para pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk berperan aktif dalam mengedukasi konsumen.

Hendro menjelaskan bahwa pada Pameran Harkonas 2024 ini juga terdapat 14 UKM binaan Ditjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN). Sejumlah UKM tersebut yaitu Bim Cookie, Salaku, Saladin, Roaria Imago Raw Honey, Kampung Balibon Bumbu Betutu Bali, Peatea, Iwakula, Nuima Leather and Ethnic, Sae Nadhilah, Sewish and Rich, Galleries Abata, Ox-Lab and Extra Life Entertainment, dan Esports Star Indonesia.

Berisi beberapa kegiatan lainnya, di Festival Harkonas 2024 juga terdapat talkshow dengan berbagai topik. Selain itu juga terdapat lomba menggambar dan mewarnai untuk anak sekolah dasar (SD). Lalu, ada juga lomba poster untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP). Kemudian tidak lupa beberapa hiburan dan permainan.

Baca juga: Kemendag dan Export Center Surabaya Bantu UKM Ekspor Senilai Rp 33 Miliar

Di samping itu, pada rangkaian agenda tersebut, Direktorat Jenderal PKTN juga menyelenggarakan kegiatan donor darah di beberapa daerah, serta edukasi konsumen dalam bentuk webinar. Sementara itu, Puncak Harkonas 2024 terselenggara pada 24 April 2024 mendatang dengan menghadirkan figur publik ternama di Indonesia.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version