News  

Penjualan dan Tren Belanja Online Meningkat di Tahun 2023

Milenianews.com, Jakarta – Menjadi solusi belanja yang praktis, belanja online masih sebagai solusi utama bagi masyarakat. Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, pengguna e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 179 juta dan pada tahun 2023 kemungkinan mencapai 196 juta. Dari hal tersebut, Tokopedia memberikan rekapan mengenai tren belanja online di tahun 2023.

Aditia Grasio Nelwan selaku Head of Communications Tokopedia mengungkapkan bahwa, ada beberapa kategori yang laris dibeli. Menurut data Januari-September 2023, kategori yang banyak pembeli minati yaitu Rumah Tangga dan Groceries, yang mencakup Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh.

Baca juga: Sektor E-Commerce Jadi Faktor Penting Perekonomian Indonesia

Peningkatan penjual dan pembeli

Bukan hanya itu, jumlah penjual dan pembeli di Tokopedia juga meningkat hingga 1,5 kali lipat di berbagai wilayah Indonesia. Wilayah tersebut antara lain, Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan) dan Tanggamus (Lampung).

“Beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua) dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat,” jelas Aditia.

Kemudian, selama tahun 2023, transaksi hampers melonjak lebih dari 9 kali. Selain itu, pada kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh, parfum, essential oil dan minyak pijat mengalami peningkatan tertinggi transaksi. Rata-rata kenaikkan yang mereka hasilkan dari produk tersebut mencapai lebih dari 2 kali lipat.

Selain itu, pada kategori produk Rumah Tangga, beberapa produk terlaris, antara lain alat kebersihan, pengharum ruangan dan perlengkapan pesta. Pada produk tersebut memiliki rata-rata kenaikan 2,5 kali lipat.

“Pada produk Makanan dan Minuman, air mineral, seafood dan beras mengalami kenaikan tertinggi dengan rata-rata peningkatan 3 kali lipat,” jelas Aditia.

Baca juga: AnyMind Group Akuisisi Perusahaan E-Commerce di Indonesia

Temuan menarik di sepanjang tahun 2023 adanya peningkatan transaksi hampers sebesar 9 kali lipat. Melalui data tersebut dapat terlihat semakin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi dalam bentuk hampers.

Di sisi lain, Tokopedia juga melihat peningkatan yang signifikan pada transaksi produk digital di Tokopedia sepanjang tahun 2023. Beberapa produk seperti pajak daerah, e-invoicing dan internet dan TV mengalami rata-rata kenaikan lebih dari 7 kali lipat.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version