Indeks
News  

Astra Runners Perkuat Pengolahan Limbah Plastik

Milenianewa.com, Jakarta – Astra Runners dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bekerja sama memperkuat ekosistem pengolahan limbah plastik di Indonesia. Dalam mewujudkan hal ini, Astra menyerahkan bantuan mesin pencetak biji plastik kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan YDBA di Banyumas, Jawa Tengah dan Tarikolot, Bogor pada Sabtu (20/1).

Captain Astra Runners, Nicholas Dimas Ario Sadewo menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua Komunitas UMKM Pande Besi Gayeng Ruyeng Fajar Tri Anggoro. Kemudian, hadir pula Ketua Pengurus YDBA, Sigit P. Kumala menyaksikan penyerahan tersebut serta Sekretaris Pengurus YDBA, Ema Poedjiwati Prasetio, Advisor YDBA, Tonny Sumartono dan Pemilik PT. Astana Wira Karya, Muhammad Umar Anif.

Baca juga: Pajak Penghasilan Dalam Sistem Keuangan Syariah pada UMKM

Menurut Sigit P. Kumala, Ketua Pengurus YDBA mengatakan, bantuan tersebut memberikan semangat kepada UMKM. Selain itu juga memberikan inspirasi kepada masyarakat luas untuk terus konsisten memanfaatkan dan mengolah limbah plastik menjadi produk yang bernilai tambah.

Melibatkan beberapa UMKM

Nicholas Dimas Ario Sadewo selaku Captain Astra Runners menyatakan bahwa bantuan tersebut merupakan sebagian dari hasil biaya pendaftaran Astra Half Marathon 2023. Acara bertemakan “Xtramile” itu telah terlaksana pada 5 November 2023 di Astra Biz Center BSD City.

Dalam acara tersebut, Astra Runners dan YDBA juga melibatkan UMKM binaan YDBA di Jabodetabek, salah satunya yaitu Wayang Art.

Mengadakan workshop, mereka mengajak para peserta untuk memanfaatkan limbah plastik menjadi karya lukisan yang menarik dan memiliki nilai jual.

Menoptimalkan bantuan, mereka membentuk ekosistem pemanfaatan limbah plastik yang melibatkan UMKM binaan YDBA. UMKM yang terlibat antara lain PT Astana Wira Karya dan UMKM Manufaktur di Desa Tarikolot, Bogor.

Baca juga: Dosen Cyber University Ajarkan Pelaku UMKM di Cisarua Tentang Peningkatan Wirausaha Digital

Sejalan denagn Astra 2030 Sustainability Aspiration, program pengolahan limbah plastik ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version