Indeks
Film, News  

Christopher Nolan Akan Terima Penghargaan Kerajaan Inggris Atas Prestasi di Industri Film

Prestasi Christopher Nolan

Milenianews.com, Jakarta – Christopher Nolan, sutradara terkenal, dan istrinya, produser Emma Thomas, telah diumumkan akan menerima gelar kebangsawanan atas prestasi mereka dalam dunia film. Pengumuman ini datang setelah film biografi Nolan tentang “bapak Bom Atom” meraih kesuksesan gemilang di Oscar 2024, dengan membawa pulang penghargaan Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.

Film tersebut, yang berjudul ‘Oppenheimer’, berhasil meraih total tujuh penghargaan Oscar dari 13 kategori yang dinominasikan. Ini termasuk penghargaan Aktor Terbaik bagi bintang utama Cillian Murphy dan Aktor Pendukung Terbaik bagi Robert Downey Jr. Nolan. Sebelumnya, Nolan juga telah meraih enam nominasi Academy Awards atas karya-karyanya, namun, belum pernah memenangkan Oscar untuk kategori sutradara hingga tahun ini.

Baca juga: Film Exhuma Raih 2 Juta Penonton Dalam 4 Hari Penayangan

Dibalik prestasi yang dicapai Christopher Nolan

Melansir dari Independent, Senin (1/4), kerja sama Nolan dengan Murphy telah berlangsung selama hampir dua dekade. Kerja sama tersebut meliputi film-film sukses seperti ‘Batman Begins’, ‘Inception’, ‘Dunkirk’, dan ‘The Dark Knight Rises’.

Lahir di London dari ayah Inggris dan ibu Amerika, Nolan menempuh pendidikan bahasa Inggris di University College London (UCL), terutama karena fasilitas pembuatan filmnya. Di sana pula ia bertemu dengan Thomas, yang kemudian menjadi istrinya sekaligus mitra kerja di dunia perfilman. Selain itu, mereka telah memiliki empat anak dan menjalankan perusahaan produksi yang bernama Syncopy.

Baca juga: Film ‘Mickey 17’ Akan Tayang Perdana di Tahun 2025

Christopher Nolan bersama istri sudah kompak kerja sama di film sejak 1997

Pada pidato penerimaan Oscar, Nolan lebih menekankan pada ucapan terima kasih kepada industri film, memuji para bintang dan kru produksinya yang luar biasa. Namun, ia juga mengucapkan terima kasih khusus kepada istrinya, Emma Thomas, yang telah menjadi produser dalam semua filmnya sejak tahun 1997.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Nolan akan menerima bonus besar setelah pendapatan global ‘Oppenheimer’ melewati $1 miliar. Film tersebut, yang diproduksi dengan anggaran $100 juta, berhasil mengumpulkan $958 juta di seluruh dunia setelah dirilis bersamaan dengan Barbie pada Juli tahun sebelumnya.

Keberhasilan tersebut menjadikan ‘Oppenheimer’ sebagai film dengan pendapatan tertinggi sejak “The Lord of the Rings: The Return of the King”.

Baca juga: Film Ghostbusters Terbaru Raih Pendapatan Rp714 Miliar

Belakangan ini, Nolan juga menyambut kebijakan pengurangan pajak bagi pembuat film independen di Inggris, yang diumumkan oleh kanselir Jeremy Hunt. Kebijakan tersebut memberikan keringanan pajak sebesar 40% kepada studio film yang memenuhi syarat atas tarif bisnis kasar mereka hingga tahun 2034.

Nolan dan Thomas pun menyambut kebijakan tersebut sebagai dorongan bagi pembuatan film independen dan berkualitas di Inggris, yang mereka anggap sebagai tempat lahirnya inovasi dan bakat baru dalam industri perfilman.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube MileniaNews.

Exit mobile version