Asus ROG Phone 3 vs Lenovo Legion, Manakah Ponsel Gaming Terbaik??

Asus ROG Phone 3 vs Lenovo Legion, Manakah Ponsel Gaming Terbaik??

Milenianews.com – Pada saat yang bersamaan, Asus ROG Phone 3 dan Lenovo Legion Duel dirilis untuk sama-sama bersaing menjadi ponsel gaming terbaik. Tentunya sobat milenia juga bertanya-tanya, yang mana diantara keduanya yang paling cocok menyandang gelar ponsel gaming terbaik??

Berikut perbandingan spesifikasi ponsel gaming Asus ROG Phone 3 melawan Lenovo Leginon Duel dari berbagai sumber.

Desain & Tampilan

Untuk sebuah ponsel gaming, kedua perangkat ini tergolong besar. Tidak hanya kapasitas baterai dan spesifikasinya saja – tetapi juga besar secara bentuk fisik untuk membantu pendinginan bagian dalam yang kuat.

Baik perangkat Asus dan Lenovo memiliki ketebalan sekitar 10mm, yang mana ini tentu saja tidak tipis.

Namun, Lenovo memiliki layar yang sedikit lebih besar, meskipun secara sekilas melihat kedua perangkat hampir identik ukurannya. Karena  Lenovo menghilangkan bezel atas karena tidak ada kakamera atau lubang-punch, sebagai gantinya kamera pop-up yang dipasang di samping bodi.

Selain soal ukuran Lenovo hanya menang sedikit, namun selebihnya keduanya punya ukuran desain dan tampilan yang identik.

  • Asus ROG Phone 3: AMOLED 6,59 inci, resolusi 1080 x 2340, refresh 144Hz, respons sentuh 270ms
  • Lenovo Legion : 6.65-inch AMOLED, resolusi 1080 x 2340, refresh 144Hz, respons sentuh 240ms
  • Asus ROG Phone 3: 171 x 78 x 9.9mm
  • Lenovo Legion: 169.2 x 78.5 x 10mm

Baca Juga : Realme Luncurkan Ponsel yang Akan Saingi Asus ROG Phone II

Prosesor & RAM

Untuk performa, kedua ponsel gaming ini memiliki mirip antara ROG dan Legion di atas kertas, dengan keduanya menawarkan prosesor Qualcomm Snapdragon 865+ dengan RAM hingga 16GB.

Tetapi bagaimana komponen-komponen itu ditangani dengan intervensi perangkat keras dan perangkat lunak pendingin yang seharusnya memberikan keunggulan satu ponsel dibandingkan yang lain.

Kekurangan Lenovo Legion terdapat pada kemampuan pendinginannya, karena menggunakan pengaturan baterai ganda. Dua sel 2.500mAh diposisikan terpisah untuk menghindari overheating. Tetapi setiap baterai dapat diisi daya super cepat berkat kecepatan pengisian 90W dan dua port USB-C untuk memungkinkan pembuatan kembali jenis ini dengan cepat – dari nol hingga 50 persen baterai hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Asus ROG Phone 3 tidak ingin kalah, ROG Phone 3 memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh. Perusahaan ini sebelumnya telah merilis ponsel dengan ukuran baterai seperti itu, meskipun dengan pengisian daya cepat 30W itu tidak secepat yang ditawarkan Lenovo.

  • Asus ROG Phone 3: Qualcomm Snapdragon 865 Plus, RAM 16GB
  • Lenovo Legion: Qualcomm Snapdragon 865 Plus, RAM 16GB
  • Asus ROG Phone 3: kapasitas baterai 6.000 mAh, pengisian cepat 30W
  • Lenovo Legion: 5.000mAh, 90W cepat, pengisian ganda USB-C

Baca Juga : Lenovo Rilis Ponsel Gaming Legion dengan Refresh Rate 144Hz

Kamera

Untuk ponsel gaming sebenarnya kamera terkadang tidak terlalu menjadi pertimbangan, hanya saja untuk desain dan keandalan tetap harus ada. Tentunya untuk menjadi ponsel gaming terbaik harus unggul juga dalam semua hal.

Kedua ponsel ini memiliki 64-megapiksel kamera belakang, di samping penawaran sudut lebar resolusi yang lebih rendah. Tetapi Asus sedikit lebih diunggulkan dengan adanya lensa makro 5MP untuk close-up juga.

Namun untuk bagian depan terdapat perbedaan terbesar dan mungkin paling menarik: Lenovo Legion memiliki kamera selfie pop-up. Yap, ada di samping, bukan di atas, untuk digunakan saat memegang ponsel dalam posisi lanskap selama sesi permainan itu. dan mungkin bisa juga untuk live streaming secara langsung dengan kamera depan ponsel.

Ini adalah langkah berani dari Lenovo, yang membantu mendefinisikan perangkat ini sebagai yang lebih menonjol. Karena tidak ada lubang atau lekukan yang menghalangi. Tidak seperti ROG Phone 3, yang memiliki bagian bezel yang lebih besar untuk atas agar memuat kamera yang menghadap ke depan.

  • Asus ROG Phone 3: Kamera belakang tiga, utama 64MP f / 1.8, sudut lebar 13MP f / 2.4, makro 5MP
  • Lenovo Legion Phone Duel: Kamera belakang ganda, lebar 64MP f / 1.9 & 16MP f / 2.2
  • Asus ROG Phone 3: Kamera selfie menghadap ke depan 24MP
  • Lenovo Legion Phone Duel: Kamera pop-up bermotor dengan posisi 20MP

(Abdul Latif)

Exit mobile version