Indeks

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa

Milenianews.com, Jakarta – Selama puasa, kebersihan gigi dan mulut tidak boleh terlupakan. Hal ini tentunya sangat penting, mengingat jika kebersihan gigi dan mulut tidak dirawat dengan baik, bisa menimbulkan beberapa keluhan.

Salah satunya adalah bau mulut ketika sedang berpuasa. Sementara untuk merawat kebersihan gigi dan mulut, tidak cukup hanya menyikat gigi saja. Namun juga harus menggunakan pembersih mulut untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang menempel, terutama setelah makan sahur.

Baca Juga : Jokowi Singgung Rencana Pelonggaran PSBB

Menurut Prof Dr.drg. Melanie Sadono, pakar kesehatan gigi dan mulut, pada saat berpuasa yang terpenting adalah menjaga asupan gizi yang seimbang. Baik itu asupan karbohidrat, protein, dan lemak harus seimbang.

Nah yang perlu diperhatikan adalah kalau lemak atau karbohidrat itu pemecahannya tidak terlalu menghasilkan sesuatu yang berbau seperti protein. Maka yang perlu diperhatikan di sini adalah makanlah makanan yang berserat seperti buah-buahan sayur-sayuran,” ujar Prof Melanie.

Agar tidak bau mulut, jangan makan yang mengandung protein saat sahur

Lebih lanjut, Prof Melanie menyarankan jika ingin makan makanan yang mengandung protein sebaiknya saat berbuka puasa. Hal itu agar protein tidak pecah di mulut sehingga pecahnya di dalam perut.

“Saat berbuka, setelah makan makanan manis bolehlah kita megkonsumsi protein namun tetap setelahnya harus membersihkan rongga mulut dan berkumur,” terangnya.

Sementara pada saat sahur, Prof Melanie juga menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

“Sikat gigi setelah kita sahur dan pada waktu berbuka sebelum tidur. Lakukan sikat gigi dengan cara yang benar yaitu seluruh permukaan tersikat dan gusi serta lidah juga disikat,” tegasnya.

Baca Juga : Sekarang Museum Reformasi 12 Mei dapat Diakses dengan Digital

Membersihkan gigi setelah sahur terkadang menjadi salah satu kebiasaan yang terlupakan, karena terkadang banyak orang yang setelah sahur langsung kembali tidur. Padahal setelah sahur perlu membersihkan gigi agar kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa tetap terjaga.

Prof Melanie juga menyarankan agar ketika berbuka puasa mengkonsumsi buah seperti kurma, sebab kurma kaya akan serat. Hal ini karena selain tubuh dapat langsung mendapatkan energi tambahan tetapi juga dengan serat yang berasal dari buah-buahan atau sayuran dapat membantu membersihkan dan menjaga kesehatan rongga mulut Anda. (afr)

Exit mobile version