Prediksi Opensignal Jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia Merger

Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia Merger

Milenianews.com, Jakarta – Wacana tentang merger antara Indosat Ooredoo dengan 3 Indonesia santer sudah terdengar belakangan ini. Kedua operator seluler ini sudah memulai negosiasi penggabungan bisnis perusahaan mereka.

Jika kesepakatan itu sukses menghasilkan penggabungan perusahaan, maka Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia akan semakin memperkuat posisinya di pasar Indonesia yang sangat kompetitif.

Untuk sobat milenia yang menggunakan opertator seluler ini harus menunggu beberapa waktu sebelum merasakan manfaatnya. Sebab, operator seluler perlu waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada dan menciptakan sinergi antar keduanya.

Opensignal, perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel telah memprediksi akan seperti apa merger kedua operator ini. Analisa Opensignal menggunakan data periode waktu yang sama seperti analisis laporan pengalaman mobile terakhir di Indonesia.

“Analisis kami menggabungkan pengalaman pengguna Indosat dan 3 dengan hasil skor masing-masing kedua operator tersebut. Meskipun Indosat mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat, namun operator 3 menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik yang mengukur pengalaman streaming video dan gaming online,” demikian keterangan Opensignal mengutip dari Tek.id (9/3).

Jika kedua operator bergabung, pengguna akan menikmati peningkatan di sejumlah kategori, dengan kecepatan unduhan yang tinggi serta pengalaman bermain game dan streaming yang lancar.

Baca Juga : Ericsson dan XL Axiata Berkolaborasi untuk Optimasi Jaringan

OpenSignal kemudian menganalisis variasi skor perusahaan gabungan Indosat-3 secara regional. Untuk skor Pengalaman Video di wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, Indosat mendapat skor lebih rendah dari 3.

Selain itu, Opensignal juga melihat skor Pengalaman Kecepatan Unduh di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Mereka menemukan bahwa Indosat menunjukkan skor rata-rata yang lebih tinggi di semua wilayah dibandingkan dengan operator 3, kecuali di Kalimantan.

Analisis Opensignal menunjukkan bahwa pengguna operator Indosat dan 3 akan sama-sama merasakan peningkatan yang signifikan. Meskipun Telkomsel memiliki keunggulan besar dalam Kecepatan Unduh dan Pengalaman Video, merger ini akan menyaingi Telkomsel sebagai pemimpin pasar di Indonesia. (Latif)

Exit mobile version