Indeks

Atlet Taekwondo UBSI Tasik Tetap Jaga Kondisi Fisik Meski Pandemi

Atlet Taekwondo BSI

Milenianews.com, Tasikmalaya – Pandemi Covid-19 juga berdampak pada dunia olah raga Tanah Air. Berbagai kompetisi dan turnamen olah raga pun tak bergulir. Pembatasan kegiatan fisik, membuat para atlet terkendala latihan karena harus menghindari kontak fisik. Begitu juga yang dialami oleh Muhamad Azhar Gunawan, atlet taekwondo Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Tasikmalaya.

Terhentinya musim kompetisi membuat hal itu bisa mempengaruhi kondisi mental atlet yang terbiasa berada dalam lingkungan kompetitif. 

Baca Juga : Mahasiswa UBSI Raih Juara 2 Dunia World Sambo Championship 2020

Atlet Taekwondo BSI rutin gelar latihan fisik

Foto : Atlet Taekwondo Universitas BSI Tasikmalaya.

Azhar merupakan mahasiswa Universitas BSI Tasikmalaya program studi Sistem Informasi (Prodi SI) semester 4. Ia aktif sebagai atlet Taekwondo dan selalu mengikuti kejuaraan. Akan tetapi saat ini harus terhenti karena adanya pandemi Covid-19.

Sudah ada beberapa prestasi yang ia raih. Antara lain pernah mendapatkan Juara 2 Poomsae Senior Individu pada Kejuaraan Taekwondo Walikota Tasikmalaya Cup IX Tahun 2019. Juga peringkat 5 pada Kejuaraan Taekwondo ITN Open IV Tahun 2020 tingkat provinsi Jawa Barat.

“Latihan di masa pandemi mempunyai tantangan tersendiri bagi saya sebagai atlet Taekwondo. Namun itu bukan suatu alasan untuk tidak melakukan latihan. Salah satunya latihan secara mandiri yaitu dengan program latihan yang difokuskan untuk menjaga kondisi fisik agar tetap fit,” ungkap Azhar.

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, dalam seminggu ia berlatih sebanyak empat kali. Yakni pada hari senin, rabu, jumat dan minggu dengan memperbanyak materi latihan dibagian fisiknya.

“Selain itu, untuk menunjang fisik agar tetap fit juga sangat penting menjaga pola makan yang baik dan tidur yang cukup. Karena sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan seorang atlet dalam menjalani segala aktivitas.

Baca Juga : 3 Atlet Judo Internasional Raih Beasiswa di UBSI

“Jika tidak mendapatkan asupan makanan yang baik dan pola tidur yang buruk seperti begadang, maka tubuh akan sering letih dan lesu.”

“Semoga masa pandemi ini cepat berlalu, sehingga saya dapat berprestasi kembali dan mengharumkan nama kampus Universitas BSI dan tempat kelahiran saya yaitu kota Tasikmalaya,” harapnya.(Lady Agustine)

Exit mobile version