Indeks

7 Jus Buah yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga, Lengkap dengan Tipsnya!

Jus Buah yang baik setelah olahraga

Milenianews.com – Olahraga telah menjadi bagian penting dari gaya hidup sehat, namun pemulihan yang efektif juga sama pentingnya. Salah satu cara terbaik untuk membantu tubuh kamu pulih setelah olahraga adalah dengan mengonsumsi jus buah segar.

Jus buah tidak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk pemulihan otot dan penggantian energi. Lantas, jus buah apa saja sih yang baik kita konsumses setelah olahraga? Simak artikel yang telah Mile rangkum menjadi tujuh jus buah yang baik untuk pemulihan setelah olahraga di bawah ini!

Baca juga: Keajaiban Warna Buah Naga dan 8 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Jus Buah yang baik setelah olahraga

1. Jus Semangka

Jus semangka, sangat menghidrasi dengan kandungan airnya yang banyak. Hal tersebut tentunya dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama olahraga. Selain itu, semangka mengandung asam amino L-citrulline yang dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah latihan intensif.

2. Jus Jeruk

Jus jeruk yang kaya akan vitamin C, dapat membantu mempercepat pemulihan otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jus buah yang satu ini juga mengandung potasium yang dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang melalui keringat.

3. Jus Delima

Jus delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal tersebut, tentunya dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif pada otot setelah berolahraga. Ini juga dapat membantu meningkatkan aliran darah, sehingga nutrisi dapat lebih cepat sampai ke otot yang membutuhkan pemulihan.

Baca juga: 10 Kandungan Alami Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan di Musim Hujan

4. Jus Nanas

Jus nanas yang mengandung bromelain, suatu enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan otot. Selain itu, jus nanas juga kaya akan vitamin C, yang mendukung produksi kolagen dan memperbaiki jaringan otot.

5. Jus Ceri

Jus ceri tart dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi nyeri otot dan peradangan berkat kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi. Meminum jus buah yang satu ini setelah olahraga, dapat membantu kamu pulih dengan lebih cepat dan mengurangi rasa sakit.

6. Jus Anggur

Jus anggur mengandung resveratrol yang tinggi. Senyawa antioksidan tersebut dapat membantu melindungi otot dari kerusakan dan mempercepat proses pemulihan. Selain itu, jus anggur juga menyediakan gula alami yang dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat setelah latihan.

7. Jus Pisang dan Bayam

Meskipun tidak murni jus buah, campuran jus pisang dan bayam adalah pilihan yang sangat baik. Pisang kaya akan potasium dan karbohidrat, sementara bayam mengandung zat besi dan magnesium yang penting untuk fungsi otot. Kombinasi ini dapat membantu mengurangi kram otot dan meningkatkan energi.

Baca juga: Inilah 3 Buah Berkhasiat Menjaga Kesehatan Jantung

Tips membuat jus yang sehat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus buah setelah olahraga, ada beberapa tips yang perlu kamu ingat:

  • Gunakan buah segar dan organik untuk memastikan kamu mendapatkan nutrisi terbaik tanpa bahan kimia berbahaya.
  • Hindari penambahan gula, karena buah-buahan sudah mengandung gula alami yang cukup.
  • Konsumsi segera setelah dibuat, karena jus segar paling baik diminum segera setelah dibuat untuk mencegah oksidasi nutrisi.

Mengintegrasikan jus buah ini ke dalam rutinitas pemulihan setelah olahraga dapat membantu kamu merasa lebih baik dan pulih lebih cepat. Jangan ragu untuk mencoba berbagai kombinasi dan menemukan jus favoritmu yang membantu mencapai tujuan kebugaranmu. Semoga bermanfaat!

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Exit mobile version