Raih Gelar Profesor, Abdul Manan Jadi Guru Besar Bidang Antropologi UIN Ar-Raniry

Prof Dr Phil Abdul Manan, SAg MSc MA remi menjadi Guru Besar bidang Ilmu Antropologi UIN Ar-Raniry. (Foto: Dok UIN Ar-Raniry)

Milenianews.com, Banda Aceh- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali menambah jumlah guru besarnya. Hal itu setelah dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Phil Abdul Manan, SAg MSc MA, resmi ditetapkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Antropologi oleh Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim.

Pengangkatannya dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor74245/MPK.A/KP.07.01/2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen, tanggal 20 Desember 2022.

Dalam SK tersebut, Abdul Manan dinyatakan terhitung mulai tanggal 1 Desember 2022 dinaikkan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam bidang Ilmu Antropologi.

Perjalanan Abdul Manan hingga berhasil meraih jabatan akademik tertinggi Guru Besar termasuk cepat. Dia berhasil naik ke Lektor Kepala 803 dari Lektor 300 pada  1 Mei 2019 dan selanjutnya meraih jabatan Guru Besar dengan angka kredit sebesar 1.296 dua tahun kemudian.

Menyikapi atas terbitnya SK tertinggi dalam dunia akademik itu, doktor jebolan University of Münster Jerman  yang lulus dengan predikat Magna Cumlaude ini merasa senang dan bersyukur kepada Allah SWT karena telah menunaikan salah satu kewajibannya sebagai seorang akademisi.

“Alhamdulillah, semoga capaian ini memberi manfaat untuk saya sendiri, keluarga, lembaga dan masyarakat dan saya sangat bersyukur karena proses  pengurusannya sangat cepat,  hanya tiga bulan,” kata Abdul Manan dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2023).

Lebih lanjut, Abdul Manan menyampaikan terima kasih atas dukungan pimpinan, kolega dan seluruh sivitas akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh, khususnya Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh hingga ia bisa mencapai jabatan akademik guru besar.

Ia juga berharap pengangkatannya sebagai guru besar semakin memotivasinya dalam memperkuat kontribusi akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh khususnya dalam bidang antropologi. Menurutnya, percapaian guru besar adalah babak baru dalam perjalanan akademiknya dengan tanggung jawab yang lebih besar.

“Percapaian Guru Besar ini harus dimaknai sebagai sebuah tanggung jawab dan semangat agar terus produktif menghasilkan karya yang bermanfaat bagi lembaga dan masyarakat,” kata Profesor Antropologi pertama di Aceh ini.

Biodata Ringkas

Untuk diketahui, Prof Dr Phil H Abdul Manan, SAg MSc MA lahir di  Alurambut, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya pada 21 Juni 1972.  Menempuh Pendidikan Dasar (MIN) Suakberumbang (1985), Pendidikan Menengah Pertama Negeri (SMPN) Manggeng (1988), Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Tapaktuan (1991).

Kemudian menyelesaikan Sarjana Tarbiyah Bahasa Inggris IAIN Ar-Raniry Banda Aceh (1997), Master dalam Educational and Training System Design (M.Sc.) di University of Twente, Enschede, Belanda (2001) beasiswa StuNED (Student Nederland), Master dalam Islamic Studies (MA) di University of Leiden, Belanda (2003) beasiswa INIS (Indonesian Cooperation in Islamic Studies) dan Doktor dalam bidang Ethnology-Antropologi Sosial (Dr. Phil) di Westfalische Wilhelms-Universitat Münster, Jerman (2010), beasiswa DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) Bonn.

Baca Juga : FAH UIN Ar-Raniry Yudisium 137 Lulusan, Dekan Ingatkan Pentingnya Integritas

Selanjutnya, mendapatkan beasiswa program Post-Doctoral pertama pada University of Münster Jerman (2015) dan Program Post-Doctoral kedua pada University of Koln University, Jerman (2018) melalui program wiedereinladung DAAD Bonn.

Setelah menyelesaikan sarjana Tarbiyah Bahasa  Inggris IAIN Ar-Raniry  Banda Aceh pada tahun 1997, Abdul Manan mulai bekerja sebagai staf lembaga bahasa IAIN Ar-Raniry dari 2006-2009. Kemudian melanjutkan Magister di dua kampus yang berbeda di Belanda.

Baca Juga : Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Mengawali karir sebagai Dosen PNS pada Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry  (2004-2011), Dosen Antropologi di Fakultas Adab dan Humaniora mulai Mei 2012 sampai sekarang. Tugas belajar di Belanda 1999- 2001 di Enschede, 2001-2003 di Leiden dan di Universitas Münster, Jerman dari 2006-2010.

Selain, sebagai dosen tetap pada Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Abdul Manan aktif dalam penelitian antropologi sosial (study etnografi). Hasil-hasil penelitiannya telah dan akan diterbitkan di dalam dan luar negeri. Lebih seratusan artikelnya diterbitkan dan lebih dari 10 tulisannya telah diterbitkan di jurnal bereputasi internasional (terindeks scopus) dan 17 buku yang telah diterbitkan H indeks scopus 2 dan H indeks Google scholar 9.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *