Referensi Mahasiswa  Jurnalistik, Public Relation dan Praktisi Keduanya

Judul Buku:  Penulisan Feature Teori dan Praktik

Jenis Buku: Buku Ajar  

Penulis: Arifin S.Harahap dan Hamida Syari Harahap

Penerbit: Simbiosa Rekatama Media  

Cetakan Pertama: Nopember 2022

Tebal : 108 halaman

Milenianews.com, Ngobrolin Buku- Feature adalah tulisan khas yang subjektif. Penulis boleh memasukkan opini atau pendapat dalam tulisannya. Pendapat itu akan memberi warna khas dalam tulisannya. Ini salah satu yang membedakan feature dan berita. Penulisan berita tak boleh ada opini atau pendapat wartawan karena bisa menyesatkan pembaca maupun penonton. Wartawan harus menulisnya berdasarkan fakta peristiwa atau fakta pendapat sumber berita.

Kehadiran feature di media massa membuat warna tersendiri bagi pembaca media cetak, daring, dan penonton tv. Tulisan ini menjadi penyejuk dan hiburan bagi audien usai membaca atau menonton berita. Namun, masih banyak media massa yang kurang serius menangani karya jurnalistik ini. Feature yang dihadirkan tidak menentu, asal ada saja. Padahal kalau mau dirancang dengan baik, tulisan ini bisa menjadi rubrik rutin yang memikat bagi pembaca maupun penonton. 

Banyak jenis feature yang bisa kita garap dan atur tempatnya di media massa sebagai tulisan penghibur bagi pembaca, dan penonton. Bahkan bagi stasiun tv, bisa membuat program yang berdiri sendiri dan banyak memikat penonton, seperi feature obyek wisata, feature sejarah, feature kuliner, dan perjalanan. Karya jurnalistik ini sudah banyak dibuat di media cetak, daring dan televisi.  

Pelulisan feature sebetulnya tidak hanya penting bagi kalangan jurnalistik. Tulisan ini juga penting bagi praktisi Public Relation atau humas baik untuk disajikan dalam bulletin atau bahan release kepada wartawan untuk membangun citra perusahaan/instansi. PR atau humas. Materinya bisa dirancang dari kegiatan atau tulisan khas yang dapat membangun image positif perusahaan/instansi secara internal dan eksternal. Citra dan image positif ini amat penting untuk kemajuan perusahaan dan instansi bersangkutan. 

Merancang Penulisan Feature Detil

Bagaimana merancang feature untuk kalangan jurnalistik dan PR? Dibahas detil dalam buku Penulisan Feature Teori dan Praktek ini, baik untuk media cetak, daring, dan televisi. Kehadiran buku ini amat penting untuk bahan referensi bagi mahasiswa  jurnalistik, public relation/humas dan para praktisi keduanya.

Buku ini agak berbeda dengan buku yang sudah terbit. Selain menjelaskan apa itu feature, jenis-jenis feature, karakteristik feature, proses menetapkan bahan dan penulisan feature, buku ini juga memberikan contoh setiap jenis penulisan feature dengan detil. Isi buku ini dapat dijadikan acuan atau referensi untuk mahasiswa, jurnalis muda, citizen journalis maupun masyarakat umum yang tertarik dengan dunia jurnalistik,  terutama penulisan feature.

Menulis feature tidaklah sulit, asal punya niat dan kemauan keras. Siapa pun bisa menulis feature asal mempunyai kenginan untuk mempelajarinya. Kuncinya hanya punya tekad kuat, giat mempelajari dan  berani mencoba untuk menulisnya. Bagi kalangan mahasiswa, dapat mengirim ke media massa yang punya rubrik tersebut. Biasanya akan mendapat honor bila dimuat dan diterbitkan. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan untuk belajar  menetapkan bahan feature dan menulisnya. Selamat mempelajari.

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *