Benarkah Kerokan Mampu Sembuhkan Penyakit? Berikut Faktanya

Benarkah Kerokan Mampu Sembuhkan Penyakit? Berikut Faktanya

Milenianews.com – Belakangan ini cuaca kerap kali mengalami perubahan yang cukup drastis panas terik berubah menjadi hujan badai dalam seketika begitu juga sebaliknya, oleh karena penting bagi kita semua untuk menjaga Kesehatan. Perubahan cuaca mendadak kerap kali membawa penyakit, salah satunya masuk angin, dan tidak sedikit yang menggunakan pengobatan alternatif dengan kerokan. Yang menjadi pertanyaan, apakah Kerokan itu aman dan bisa menyembuhkan?? 

Dengan menjaga asupan makanan yang bergizi serta beristirahat yang cukup menjadi kunci untuk tetap menjaga kebugaran. Akan tetapi dengan cuaca yang tidak menentu seperti ini, kebanyakan orang Indonesia akan terkena penyakit “masuk angin”.

Dari kacamata medis tidak ada sebenarnya istilah masuk angin, melansir dari halodoc.com, masyarakat awam di Indonesia sering menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan kondisi tubuh yang mengalami beberapa gejala. Gejala-gejala tersebut, seperti rasa tidak enak badan, panas-dingin, pusing, nyeri otot dan sendi, lemas, dan sebagainya.

Baca Juga : 4 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan, Tertarik Coba?

Permasalahan masuk angin di Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah. Akan tetapi ada sebuah metode unik yang umum masyarakat pakai untuk menyembuhkannya yaitu dengan Kerokan.

Hayo ngaku apa sobat milenia termasuk yang sering Kerokan? Sudah bukan hal asing lagi bagi kita sebagai orang Indonesia untuk mendengar metode ini. Bahkan tidak sedikit beberapa tempat pijat maupun spa yang menyediakan jasa kerokan.

Metode ini diperkirakan sudah ada dari berabad-abad yang lalu yakni sekitar abad ke 5 masehi. Metode ini berasal dari negeri tirai bambu dengan nama Gua Sha, lalu menyebar ke berbagai negara seperti Indonesia (Kerokan), Vietnam (Cao Gio) dan Kamboja (Goh Kyol).

Menurut Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr., PAK,MM., M.Kes dalam sebuah jurnal miliknya yang berjudul “Gambaran Histopatologi Kulit pada Pengobatan Tradisional Kerokan”

Kerokan adalah suatu kegiatan menggesekan benda pipih yang ujung permukaannya tumpul di atas permukaan kulit yang telah diolesi oleh minyak hangat biasanya pada bagian tubuh terutama punggung, untuk menyembuhkan suatu keluhan atau penyakit di tubuh.

Baca juga : Jaga Kesehatan, Berikut 10 Makanan yang Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bekas Kerokan Berupa Gerutan Merah. Apakah Benar itu Angin?

Munculnya kemerahan pada kulit setelah kerokan adalah akibat dari pecahnya pembuluh darah kecil dekat permukaan kulit (kapiler). Semakin kuat tekanan dan gosokan alat kerokan ke permukaan kulit, akan semakin banyak kapiler yang pecah dan permukaan kulit akan terlihat semakin merah.

Sehingga sebenarnya tidak ada yang menganjurkan untuk terlalu sering menggunakan metode ini. Karena ketika terjadi gesekan antara benda dengan kulit hal itu menyebabkan terbukanya pori-pori menjadi lebih lebar.

Ini dapat menyebabkan masuknya berbagai virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori yang kian melebar dan bisa menimbulkan penyakit lainnya.

Manfaat Kerokan Bagi Tubuh

Ketika tubuh sedang dalam kondisi kurang sehat atau tidak enak badan, kita akan mencari cara untuk mengahangatkan badan. Salah satu cara untuk mendapatkan kehangatan yaitu dengan metode ini.

Selain mampu untuk mengatasi masuk angin, kerokan dipercaya memiliki beberapa manfaat bagi tubuh diantaranya:

1. Meredakan sakit kepala dan leher
2. Meredakan ketegangan otot dan tendon
3. Menurunka demam
4. Meningkatkan sirkulasi darah

Dengan berbagai manfaat kerokan yang juga merupakan pengobatan tradisional, dan jika merasa masih tidak sehat lebih baik segera periksa ke dokter ya sobat milenia. (Reporter 6 / FIK)

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *