Beberapa Mitos yang Hingga Sekarang Masih Dipercaya Masyarakat

Beberapa Mitos yang Hingga Sekarang Masih Dipercaya Masyarakat

Milenianews.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kebudayaan serta adat istiadat yang tumbuh di masyarakatnya. Selain itu, keragaman yang tentunya tidak lepas dari jumlah pulau yang lebih dari enam belas ribu pulau membawa mitos atau takhayul yang beragam di masyarakat. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang masih prang-orang percayai.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, kepercayaan masyarakat terhadap nilai kebudayaan dan nilai adat yang perlahan luntur. Arus budaya modern khususnya di kalangan generasi milenial dan gen z membuat mitos atau takhayul ini menjadi hal yang kuno dan kolot.

Mengutip dari solopos Mitos atau takhayul adalah suatu hal yang dikarang oleh seseorang berdasarkan khayalan mereka, alias bohong. Seiring berjalannya waktu, sudah seharusnya mitos tersebut bisa kita patahkan dengan penjelasan logika namun sebagian orang masih bertahan pada prinsip tersebut.

Baca Juga : Pohon Beringin di Alun-Alun Utara Jogja Tumbang, Berikut Mitos dan Filosofinya Bagi Masyarakat Jawa

Jika mundur beberapa waktu kebelakang dapat kita ketahui bahwa ketika kita masih anak-anak, orang tua kita melarang kita bermain ketika maghrib karena hantu atau setan akan menculik kita. Ada pula kisah menanam pohon bambu kuning agar rumah kita terhindar dari gangguan kolor ijo, serta banyak contoh lainnya.

Kentalnya budaya dan adat istiadat pada saat itu membuat semua takhayul dan mitos tercipta. Namun perlu kita ingat, bukan berarti modernisasi adalah hal buruk ya sobat milenia.

Nah, oleh karena itu, MileniaNews bakalan bahas takhayul ataupun mitos yang sudah orang anggap kuno tapi masih banyak yang percaya sampai sekarang. Penasaran apa saja? Yuk simak.

Mitos Kuno yang Masih Orang Percaya Hingga Sekarang

1. Klakson Terowongan Casablanca

Horornya Terowongan Casablanca, Urban Legend Jakarta yang Penuh Misteri |  kumparan.com
sumber : kumparan

Membunyikan klakson tiga kali ketika melewati terowongan Casablanca sempat menjadi sesuatu viral di periode awal tahun 2000. Mitosnya, ketika sebelum melewati terowongan casablanca wajib klakson tiga kali agar terhindar dari makhluk penunggu trowongan tersebut, berlokasi di bawah Jalan Kuningan, daerah Jakarta Selatan, tepatnya di jalur penghubung dua arah antara Jatinegara dan Sudirman.

Cerita semakin berkembang pesat karena sebelum adanya pembangunan jalan tempat itu merupakan kuburan masal. Selain itu, banyak kisah tragis yang terjadi di terowongan tersebut membuat takhayul ini masih jadi kepercayaan orang.

2. Menabrak Kucing Membawa Petaka

Ada Alasan Kenapa Kita Jarang Melihat Bangkai Kucing Kecuali Tertabrak
sumber : Grid

Takhayul yang masih lumrah sampai saat ini, dipercaya jika sobat milenia berkendara lalu menabrak seekor kucing maka akan mendapatkan kesialan serta nasib buruk, wah seram sekali ya.

Terdapat banyak kucing liar dijalan semakin membuat mitos ini semakin menghantui para pengguna jalan.

Baca Juga : Kekentalan Budaya Suku Kajang dan Keasrian Alam Desa Adat Ammatoa

3. Memakai pakaian terbalik akan mendapatkan rejeki?

Jika seseorang tanpa sengaja memakai pakaian secara terbalik konon ia akan mendapat rejeki yang tidak terduga menurut primbon jawa.

Selain akan datang rezeki medadak, mitos pakai baju terbalik lainnya adalah akan ada kejutan secara tiba-tiba yang membuat bahagia. Tapi jangan jadi malah sengaja menggunakan pakaian secara terbalik ya sobat milenia.

4. Jerawatan Tanda sedang Jatuh Cinta / Kangen

Mitos yang satu ini acap kali jadi bahan guyonan untuk remaja yang sedang jatuh cinta. Konon jatuh cinta atau kangen dengan seseorang dapat menimbulkan jerawat yang padahal bisa aja karena alasan lain ya sob.

5. Kupu-kupu dan Tamu

Kupu-kupu yang masuk rumah, mitosnya akan ada tamu yang berkunjung dalam waktu dekat. Sehingga pemilik rumah bersiap untuk kedatangannya namun memiliki beberapa arti sesuai warna kupu-kupu tersebut.

Jika berwarna cokelat memiliki arti orang baik yang akan datang sementara jika berwarna hitam memiliki arti akan kedatangan musibah. Kemudian jika berwarna kuning memiliki arti akan ada kabar duka dan jika berwarna putih memiliki arti akan kehadiran tamu dengan paras rupawan.

6. Rumah Tusuk Sate

Menurut mitos, rumah yang berposisi tusuk sate tidak bagus untuk di tempati. Untuk sobat milenia yang tidak tahu, rumah tusuk sate adalah sebuah rumah yang terletak tepat di ujung persimpangan atau ujung jalan yang lurus dan tidak berbelok.

Bahkan, tidak sedikit rumah dengan posisi tusuk sate ini dijual dengan harga lebih rendah dari rumah yang berada di posisi lain. Mitosnya posisi tusuk sate akan membawa banyak kesialan, mulai dari tertimpa masalah kesehatan, rezeki, hingga perpecahan rumah tangga.

Baca Juga : Misteri dan Keindahan Gunung Sanggabuana Karawang

Nah itulah beberapa mitos yang hanya sebagian kecil dari banyaknya mitos yang ada di Indonesia. Terdengar tidak masuk akal memang, tapi ada baiknya kita tidak memandang sebelah mata.

Memang sebagai negara dan bangsa yang bersaing di era globalisasi sudah saatnya kita ikut berkontribusi dalam modernisasi. Namun, kita juga ada baiknya kita tidak melupakan identitas kita sebagai bangsa yang berbudaya. 

Takhayul atau mitos pun merupakan warisan turun temurun di masyarakat dari generasi pendahulu kita. Mitos tidak untuk kita percayai, tapi jika itu berasal dari budaya dan merupakan hal baik, maka patut bagi kita untuk menghargainya sebagai budaya. (Reporter 6 / FIK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *